11 Jamaah Haji asal Malang Dilaporkan Meninggal

© mili.id

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Malang - 11 jamaah haji asal Kota dan Kabupaten Malang dilaporkan meninggal saat menjalankan ibadah haji di tanah Mekkah.

Dari data yang diperoleh mili.id, ada 8 jamaah asal Kabupaten Malang dan 3 jamaah dari Kota Malang yang meninggal.

"Ya benar, ada tiga jamaah asal Kota Malang wafat saat menjalankan ibadah haji. Rata-rata mereka merupakan lansia. Penyebab yaitu kondisi kesehatan menurun saat mengikuti rangkaian ibadah yang dilakukan," kata Humas Kementerian Agama Kota Malang, M. Nur Hidayah, Rabu (12/7/2023).

Ketiganya bernama Sudirman yang meninggal di Masjidil Haram. Lalu Kartika di Rumah Sakit King Faishal, dan Musa Abdur Rochim, jamaah tertua berusia 88 tahun.

"Kondisi mereka menurun karena saat menjalankan rangkaian puncak haji Arafah Muzdalifah Mina cuaca sangat terik, suhu mencapai 42 derajat selsius. Setelah itu banyak yang kondisinya menurun hingga akhirnya drop lalu meninggal dunia," beber dia.

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Malang, Abdul Salam menjelaskan jamaah yang meninggal mayoritas disebabkan kondisi sesak nafas.

"Selain sesak nafas, kondisi kesehatan para jamaah menurun. Cuaca waktu itu juga cukup terik," ungkap Salam.

Sesuai data, jamaah yang meninggal adalah Asnawi karena syok kardiogenik. Kedua, Siti Aminah karena cardiac arrest atau henti jantung. Ketiga, Nuhari karena decrease of consciousness atau penurunan kesadaran.

"Keempat, Zubaidah karena gagal napas akut. Kelima, Wagisah kondisi kesehatan menurun. Keenam, Musa'i kondisi kesehatan menurun. Ketujuh, Masboel karena syok kardiogenik. Kedelapan, Sunariyah karena kondisi kesehatan menurun," tambahnya.

 

Reporter: Raka

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait