Haul KH Abdul Hamid Pasuruan Dipadati Ratusan Ribu Jamaah

© mili.id

Pasuruan - Haul KH Abdul Hamid Kota Pasuruan di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah diserbu ratusan ribu pengunjung. Sepanjang jalan Jl. Jawa, Jl Wachid Hasyim dan kawasan Alun-alun serta area Masjid Jami Al-Anwar pun penuh sesak.Senin (25/9/2023).

Dalam pantuan di area haul. Masyarakat yang tidak hanya dari wilayah Pasuruan, tapi juga daerah -daerah di luar Kota Pasuruan dan luar Jawa Timur yang menaiki kendaraan umum seperti bus, atau menyebarangi laut dengan menggunakan kapal.

"Saya kesini naik kapal, dari Madura. Setiap tahun pas acara Haul KH Andul Hamid, pasti kesini ramai-ramai," ucap Yusuf, warga Kabupaten Sampang.

Sementara itu, Kohar (45), yang merupakan warga Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, mengaku sudah datang ke acara haul sejak pukul 02.00 WIB dini hari tadi.

"Ini saya mengendarai mobil bersama keluarga. Saya dari Puger, Jember. Pukul 02.00 WIB nyampek sini," tandas Kohar, warga Puger.

Selain antusias datang, para jamaah pun rela berpanas-panasan mengikuti acara haul, sampai rela duduk bersila disepanjang jalan.

"Kira-kira yang datang ke Haul KH Abdul Hamid ini lebih dari 100.000 jamaah," jelas Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Gus Ipul menerangkan jika dalam penanganan acara Haul KH Abdul Hamid ini, total ada 1.100 orang petugas gabungan yang membatu kelancaran acara haul, yang berasal dari unsur Forkopimda, ormas dan para relawan-relawan.

"Seperti tahun yang lalu, semua ASN Pemkot Pasuruan pun diliburkan. Tidak diliburkan untuk keluar kota, tapi untuk melayani jamaah yang mendatangi acara Haul KH Abdul Hamid," ungkapnya.

Tidak hanya itu, semua gedung-gedung milik lemerintah pun dibuka untuk menampung para jamaah yang sudah berdatangan sejak Minggu malam kemarin (24/9).

"Semua kontor dibukak. Semalam ada yang nginep di Gedung DPRD Gedung Kesenian, Pendopo, Kantor Kecamatan, semua terbuka untuk jamaah. Catatan Pemkot Pasuruan, makin tahun jamaah haul yang datang semakin besar," terangnya.

Sementara itu, berbagai tokoh nasional pun ikut menjadi pembicara dalam acara haul tersebut. Mulai dari Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, Menkopolhukam, Mahfud MD dan Menteri BUMN, Erick Tohir.

Editor : Redaksi



Berita Terkait