Kasatreskrim Polres Trenggalek Modifikasi Motor Bhabinkamtibmas Multifungsi

© mili.id

Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono memberikan penghargaan pada Kasatreskrim AKP Zainul Abidin. (Foto Ist/mili.id)

Surabaya - Kapolres Trenggalek AKBP Gathut Bowo Supriyono memberikan penghargaan kepada beberapa anggotanya, atas ide dan kinerjanya dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Trenggalek, Senin (4/12/2023).

Salah satu penerima penghargaan tersebut ialah Kasatreskrim, AKP Zainul Abidin. Mantan Kanit Resmob Polrestabes Surabaya ini mendapat penghargaan atas ide sepeda motor bhabinkamtibmas yang dimodifikasi sebagai kendaraan pemadam kebakaran (damkar).

AKP Abidin mengatakan, ide tersebut muncul lewat kekhawatirannya saat ia mengetahui di wilayah Trenggalek sering mengalami kebakaran hutan pada Oktober 2023 lalu.

"Bermula saat saya masuk di Polres Trenggalek di musim kemarau, tepatnya tanggal 13 Oktober 2023, itu banyak sekali kejadian kebakaran hutan dan dalam pola pencegahan dan lokalisir kebakaran hutan dengan cara tradisional dan manual," katanya kepada mili.id.

Tak tanggung-tanggung memasuki awal Oktober 2023 hampir ada 42 titik kejadian kebakaran hutan di wilayah Trenggalek. Kemudian ide untuk membantu warga yang masih menggunakan cara tradisional dan manual hingga jauh dari teknologi itu muncul lewat kerjasama.

"Kemudian munculah ide untuk membuat motor damkar yang diapresiasi oleh Bapak Kapolres tadi pagi. Hal tersebut terwujud bersama Kapolsek Durenan dan anggota reskrim dan bhabin," ungkapnya.

Akhirnya, mereka menuju tempat pengelasan di wilayah tersebut. Di sana mereka menyerahkan desain untuk dibuatkan tempat menaruh mesin diesel dan jeriken air untuk memodifikasi motor bhabinkamtibmas sebagai motor PMK yang mampu menjangkau segala medan.

Atas penghargaan yang diberikan, AKP Abidin menyampaikan rasa terima kasih kepada AKBP Gathut. Ia mengaku dengan penghargaan tersebut semakin terpacu semangatnya dalam berkreatifitas di Trenggalek.

"Terima kasih kepada Kapolres Trenggalek atas piagam penghargaan kepada kami, semoga dengan penghargaan ini sebagai pemicu semangat meningkatkan kinerja dan kreatifitas sebagai pengemban fungsi Reserse," pungkasnya.

Sebagai informasi, selain ide motor damkar, AKP Abidin juga pemrakarsa ide terlahirnya Tim Khusus (Timsus) Macan Menak Sopal. Timsus tersebut baru dikukuhkan AKBP Gathut pada Senin (13/11/2023) lalu.

Timsus Macan Menak Sopal ini berisi beberapa unsur dari kepolisian, yang memiliki tujuan untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024 seperti mengantisipasi gangguan, patroli kewilayahan dan memetakan daerah rawan konflik.

Editor : Aris S



Berita Terkait