Pustakawan Asal PCU Wakili Indonesia pada UNILEAD 2024 di Jerman

© mili.id

Foto : PCU for Mili.id

Surabaya - Pustakawan asal Petra Christian University (PCU), Chandra Pratama Setiawan, menjadi salah satu perwakilan Indonesia berkesempatan mengikuti DIES University Leadership and Management Training Programme (UNILEAD 2024) di Oldenburg, Germany pada September mendatang.

UNILEAD merupakan program international berupa short course bagi leaders dan managers di universitas. Program ini diselenggarakan oleh The German Academic Exchange Service (DAAD), dengan University of Oldenburg sebagai tuan rumah.

Diketahui, hanya tiga universitas saja yang berkesempatan untuk mengikuti serta mendapatkan beasiswa pada program ini, salah satunya adalah Chandra.

Menurut Chandra, dalam mempersiapkan kegiatan itu dirinya harus mempelajari dalam short course UNILEAD 2024 yaitu Project Management, Strategic Management & Academic Leadership, dan Human Resource Management.

“Proses seleksinya cukup ketat. Beberapa persyaratan harus saya siapkan, mulai dari proposal project, essay, hingga penjelasan tentang relevansi antara project dengan pekerjaan,” jelas Chandra yang juga Ranking Manager Task Force di PCU itu.

Hasil akhirnya adalah development and innovative project yang akan diajukan untuk universitas masing-masing.

Sementara itu, project yang dirancang oleh Chandra adalah Research Data Management.

“Research Data Management ini wajib dimiliki oleh universitas, terutama yang aktif di bidang teaching (pengajaran) dan research (penelitian),” imbuh Head of Collection Management and IT Division of PCU Library itu.

Dia berharap, melalui ilmu yang didapat selama ikut short course di Jerman, dirinya bisa memiliki sistem Research Data Management, supaya terus updated seperti kampus-kampus di negara maju.

UNILEAD 2024 ini bersifat sandwich (online offline), dengan dua kali contact phase yang mewajibkan peserta visit langsung ke Oldenburg, Germany.

Chandra sudah menjalani tahap offline pertamanya. Ia berkesempatan untuk belajar di University of Oldenburg selama 25 hari pada akhir Februari lalu, dan dibimbing langsung oleh tutor dari beberapa universitas ternama di Jerman.

Tak selesai sampai di situ saja, pada bulan September mendatang, Chandra akan kembali berangkat ke Jerman untuk mengikuti tahap offline keduanya.

Setelah pitching tentang project-nya, Chandra pun mendapat courses tentang Strategic Communication, Leadership, Negotiation, dan ilmu lain yang bisa melengkapi perencanaan serta pelaksanaan project nantinya.

“Saya sangat bersyukur dipercaya dan dapat dukungan dari PCU untuk mengikuti UNILEAD 2024. Hal ini membuktikan bahwa PCU sangat mendukung Petranesian baik secara personal maupun profesional,” pungkasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait