SWK Tipe C Sepi Pengunjung. Dinkopdag, Kami Akan Renovasi

© mili.id

Fauzie Mustaqim Yos

Mili.id - Jumlah sentra wisata kuliner (SWK) di kota Pahlawan mencapai 49. Namun, menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqim Yos, sebagian SWK  bakal dialihkan fungsikan.

Yos mengatakan, alih fungsi atau konsep baru , untuk menambah pendapatan UMKM, sebab tidak semua SWK ramai. Ia menyatakan, penataan SWK yang sepi seperti di kawasan Lidah Kulon, sudah dimulai, dan sedang menunggu anggaran DPRKPP, sebab pengerjaannya dilakukan dinas tersebut.

"Kami antar OPD saling bersinergi. Kami memetakan dan mengusulkan. Pengerjaan dilakukan oleh Cipta Karya (DPRKPP)," ujar Yos, di Gedung DPRD Kota Surabaya 

Berdasarkan pantauan Dinkopdag, ada kisaran 10 SWK yang sepi pengunjung. Yakni SWK bertipe C, yang mana, SWK ini masuk proyeksi renovasi, dengan menambah fasilitas bermain, seperti basket, skateboard,  dan tentunya tempat makan.

"Bisa jadi pasar juga. Seperti di Pasar Penjaringansari dan bisa membangkitkan ekonomi para pedagang," kata Yos.

Sedangkan SWK kategori tipe A. Menurutnya, selama ini tegolong ramai  pengunjung, jumlahnya pun sebanyak 15 SWK. Sehinnga pihaknya akan mempertahankan tingkat keramaiannya. Adapun tipe B, Yos menyebutnya setengah ramai, sehingga akan ditingkatkan pengembangannya untuk menarik pengunjung,

"Dan tipe C sepi, kami akan renovasinya," terang dia.

Copyright © Mili.id 2022

Editor : Redaksi



Berita Terkait