HIPMI Siapkan Supemodal untuk Pelatihan Berjenjang UMKM

Sukses Gelar Pelatihan Skala Mikro

© mili.id

Denny Yan Rustanto, ketua umum BPC HIPMI Surabaya 

Mili.id - Untuk mendongkrak perekonomian warga Surabaya, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya, menggelar sejumlah pelatihan, utamanya warga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Denny Yan Rustanto, ketua umum BPC HIPMI Surabaya mengatakan, pelatihan tersebut yakni ke-wirausahaan skala rumah tangga. Yakni, pelatihan skala mikro

"Karena ini yang paling simple," kata Denny di gedung DPRD Surabaya.

Namun, tambah Denny, untuk pelatihan jenjangnya lebih tinggi, semisal pembuatan kue, dan usaha lainnya, perlu  menyiapkan supemodal lebih besar, dengan menggandeng pihak swasta maupun pemkot.

Salama ini, tutur Denny, pemkot telah membantu HIPMI dengan komunal, melalui data yang disajikan dinas koperasi dan UMKM. Dengan begitu, sasarannya betul-betul warga MBR.

"Namun, tidak semua MBR ingin berwirausaha, ada yang ingin jadi profesional," beber nya.

Ini, urai Denny untuk menghubungkan antara keinginan warga Surabaya dengan pengusaha, di bawah naungan HIPMI, Kadin dan Apindo. Sebab, untuk mencari karyawan agak susah.

"Jadi kadang masuk 2 bulan keluar, masuk satu bulan keluar," demikian beber Denny

Sementara Kepala Disnaker Surabaya, Achmad Zaini siap menjalin kerjasama dengan HIPMI, dengan melakukan koordinasi lebih lanjut terkait teknis.

"Kami telah membuka keran komunikasi, " ungkap Zaini.

Ia memaparkan, Disnaker siap menyalurkan tenaga kerja profesional, terampil dan siap kerja, yang telah mendapatkan sertifikasi. "Pada prinsipnya Disnaker Siap bersinergi dengan teman-teman HIPMI," demikian Zaini. (rar)

Editor : Redaksi



Berita Terkait