FIFGROUP Resmikan Solar Panel ke-10, di Cabang Denpasar

© mili.id

PT Federal International Finance (FIFGROUP) menjadikan program pemasangan solar panel sebagai salah satu program keberlanjutan

Mili.id -  PT Federal International Finance (FIFGROUP) di bidang jasa pembiayan ritel, kembali menambah fasilitas  solar panel yang kedua di tahun 2023 pada Jumat, 12 Mei 2023.

Sebelumnya, mereka telah tujuh cabang di tahun 2022 dan satu cabang di 2019 dengan total 108 kWp. Kali ini, pemasangan solar panel dilakukan di Cabang Denpasar, Pulau Dewata, Bali.

Human Capital (HC), General Support (GS), and Corporate Communication (CorComm) Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengatakan pemasangan solar panel, merupakan kontribusi FIFGROUP dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya perubahan iklim.

PT Federal International Finance (FIFGROUP) melakukan instalasi solar panel di sejumlah cabang FIFGROUP dengan kapasitas masing-masing sebesar 10,8 KWp. Menurut Esther sebagai inisiatif untuk mendukung program dan komitmen pemerintah dalam menanggulangi perubahan iklim dan juga sebagai salah satu program keberlanjutan perusahaan.

"Pemasangan solar panel ini, juga sejalan dengan misi perusahaan dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG)." bebernya, melalui keterangan tertulis yang diterima Kamis.

Human Capital, General Support, and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengatakan, Saat ini, jumlah cabang yang sudah menggunakan instalasi solar panel sebagai pembangkit tenaga listrik pendukung adalah 10 cabang.

"Yaitu Pamulang, Yogyakarta, Semarang, Cirebon, Bandung 2, Depok, Jakarta 1, Padang, Medan dan kali ini di Cabang Denpasar." ujarnya.

Menurutnya, Jumlah ini tentunya akan terus ditingkatkan dalam rangka mendukung program keberlanjutan yang menjadi tanggung jawab sosial perusahaan untuk mengurangi jumlah emisi dari penggunaan listrik pada operasional bisnis kami.

Ia menambahkan, solar panel yang dibangun menggunakan sistem on-grid yang merupakan sistem solar panel yang menghasilkan listrik ramah lingkungan dan bebas emisi. Rangkaian pada sistem on-grid ini, akan tetap terhubung dengan jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN), sehingga akan mengurangi tagihan listrik dan memberikan nilai tambah pada setiap penggunanya.

"Apabila kita mengasumsikan pemasangan solar panel ini ditujukan untuk rumah dengan listrik subsidi pemeritah mampu menyuplai 24 rumah dengan daya 450 watt atau setara dengan 12 rumah dengan daya 900 watt." ungkapnya.

Operation Director, Setia Budi Tarigan mengatakan, FIFGROUP sebagai salah satu anak perusahaan Astra, harus tetap up to date dan berkontribusi positif, dalam hal ini pemasangan solar panel di cabang.

Melalui peresmian solar panel di Cabang Denpasar ini, diharapkan memberikan dampak pada lingkungan dan masyarakat sehingga mampu meningkatkan citra dan reputasi positif perusahaan di mata pemangku kepentingan.

"Dan pada akhirnya dapat mendukung peningkatan kinerja dan operasional bisnis Cabang Denpasar di masa mendatang.” jelasnya.

Adapun sejumlah manfaat bisa didapatkan melalui penggunaan solar panel pada operasional bisnis di sejumlah perusahaan.

Selain berdampak pada pelestarian lingkungan, penggunaan solar panel ini juga menjadi aset jangka panjang baru bagi perusahaan yang dapat mengurangi cost pengeluaran pembayaran listrik perusahaan. (*)

Editor : Redaksi



Berita Terkait