Formula 2 PPDB, Jeje: Buka Peluang Siswa Belajar di Sekolah Negeri

© mili.id

Juliana Evawati (Jeje)

Mili.id - Formula 2 untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB), belum dipastikan menampung kebutuhan siswa untuk mengenyam pendidikan di sekolah negeri. Pasalnya, menurut anggota Komisi D DPRD Surabaya, Juliana Evawati (Jeje), tak semua perubahan sistem berjalan mulus.

Namun, ia meyakini dengan formula 2, bisa memberikan kesempatan (peluang) siswa, di luar zonasi terdekat bisa melanjutkan pendidikan di sekolah negeri.

Karena, formula 2 sasarannya sampai di tingkat kecamatan. Sehingga memungkinkan disalah satu kelurahan yang jaraknya antara 3km - 4km. "Siswa masih memiliki kesempatan atau peluang," kata Jeje, pada Rabu petang.

Jeje meyakini Formula 2 menguntungkan, karena mengatur faktor jarak. Satu sampai 10 siswa nantinya bisa masuk sekolah negeri.

Namun demikian, ia menekankan tidak cuma dalam sekuel kecamatan saja. Sebab, bisa jadi jaraknya berada paling ujung, antara 5-6 km.

Ini, tegas Jeje membuat kesempatan bagi siswa lain, tetapi ada yang tidak mendapatkannya. Maka, ia menekankan dinas pendidikan membuat peta khusus, daerah mana yang bisa memungkinkan. Misalnya lintas kecamatan.

"Seperti kelurahan Perak Utara yang dekat dengan Kecamatan Krembangan," bebernya.

Itu, menurut Ketua Gabungan Fraksi PAN-PPP tersebut, lebih dekat daripada siswa harus ke Kecamatan Pabean Cantian, yang mana di situ jtidak ada sekolah.

Kemudian, khusus kelurahan yang tidak ada sekolahnya, ia mengimbau memberikan kesempatan kepada siswa lintas kecamatan. "Supaya tetap semangat dalam belajar," demikian Juliana Evawati. (rar)

Editor : Redaksi



Berita Terkait