Cara Daftar Tiga jalur Seleksi Mandiri Penerimaan Mahasiswa Baru ITS

© mili.id

Kepala Subdirektorat Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono ST MEngSc menjelaskan secara daring tiga jenis Seleksi Mandiri yang dibuka ITS untuk penerimaan mahasiswa baru

Surabaya - Setelah menyelesaikan pendaftaran mahasiswa baru 2023 melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kini mulai membuka pendaftaran melalui jalur seleksi Mandiri. Pada jalur seleksi Mandiri yang diadakan ITS ini terdapat tiga jenis jalur yang meliputi kemitraan, umum, dan prestasi untuk program sarjana regular (S1) maupun sarjana terapan (D4). 

Melalui sosialisasi secara daring bertajuk Bahas Tuntas Seleksi Mandiri 2023, Selasa (6/6), Kepala Subdirektorat Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono ST MEngSc mengatakan bahwa seleksi Mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS, dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan. Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ITS selain melalui jalur SNBP dan SNBT.

Dijelaskan Unggul, bagi pendaftar seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS. Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau nonakademik.

Untuk TKA sendiri, lanjut Unggul, terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit. Untuk pelaksanaannya sendiri akan dilakukan secara online (daring). “Oleh karena itu, perlu disiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps,” papar dosen Departemen Teknik Mesin ini.

Untuk saat ini, dikatakan Unggul, pendaftaran seleksi Mandiri berlaku untuk kedelapan fakultas yang ada di ITS. Meliputi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD/SCIENTICS); Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS/INDYSIS); Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan dan Kebumian (FTSPK/CIVPLAN), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK/MARTECH); Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC/ELECTICS); Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD/CREABIZ); Fakultas Vokasi (FV/VOCATION); serta Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK/MEDICS). 

Pada delapan fakultas tersebut, terdapat 41 departemen yang tersedia untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 ini. “Sebelum mendaftar jalur seleksi Mandiri ini, para pendaftar juga diwajibkan untuk membuat akun MyITS Admission terlebih dahulu,” tutur Unggul melalui siaran tertulisnya, Kamis (8/6/2023).

Untuk cara membuat akun MyITS Admission sendiri, jelas Unggul, pertama para pendaftar diminta untuk membuka laman https://admission.its.ac.id/, kemudian melakukan registrasi dengan memasukan data diri. Selanjutnya para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan, salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Terakhir, setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti.

Terakhir, dosen berkacamata tersebut menyebutkan bahwa saat ini sudah dibuka seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum, yakni pada tanggal 5 - 25 Juni 2023. Sedangkan TKA akan dilaksanakan pada 1 - 2 Juli 2023, dan akan diumumkan hasilnya pada 6 Juli 2023. “Namun, tidak menutup kemungkinan pelaksanaan TKA akan diperpanjang jika terdapat kuota berlebih,” ungkap Unggul. (Tg)

Editor : Redaktur



Berita Terkait