Mudahkan Konsumen, Sanofi CHC dan SwipeRx Luncurkan Fitur PharmAcademy

© mili.id

Sanofi CHC dan SwipeRx saat luncurkan fitur PharmAcademy (Foto: Sanofi for mili.id)

Surabaya - Sanofi Consumer Healthcare (Sanofi CHC) Indonesia berkolaborasi dengan SwipeRx meluncurkan fitur edukasi berjudul "PharmAcademy" yang diperuntukkan bagi komunitas farmasi di Indonesia.

Fitur PharmAcademy ini diluncurkan dalam kegiatan SwipeRx IPEC 2023 (Indonesian Pharmacy Expo and Conference) di Surabaya.

Kolaborasi Sanofi CHC Indonesia dan SwipeRx ini bertujuan untuk membuat akses swamedikasi atau perawatan diri (self-care) secara fisikal dan mental menjadi lebih mudah bagi konsumen di Indonesia yang banyak melakukan konsultasi melalui tenaga kesehatan, khususnya apoteker.

"Di Asia Tenggara, umumnya masyarakat mengunjungi apoteker 10-12 kali setahun, dibandingkan satu kali setahun kunjungan mereka ke dokter," kata ASEA Head Sanofi CHC, Maria Valentina Sposito dalam keterangannya, Minggu (18/6/2023).

"Hal ini menunjukkan peluang berlipat ganda bagi apoteker kami untuk menjadi lebih siap dalam membantu masyarakat dan juga menjadi lebih peduli kepada diri mereka sendiri," tambahnya.

Wanita yang akrab disapa Matina ini mengatakan bahwa apoteker perlu dibekali dengan keahlian yang dapat menunjang pekerjaan sehari-hari dalam berhubungan langsung dengan konsumen yang memerlukan rekomendasi pengobatan, informasi obat yang ingin diminum, perawatan lebih lanjut, dan pencegahan penyakit sesuai kebutuhan.

Untuk itu, Sanofi CHC telah bekerja sama dengan SwipeRx untuk meluncurkan platform digital yang disebut PharmAcademy. Melalui PharmAcademy, Sanofi CHC ingin mengaktifkan swamedikasi melalui platform edukasi yang dapat diakses secara mudah oleh para apoteker melalui aplikasi SwipeRx.

Peluncuran PharmAcademy dalam SwipeRx IPEC 2023 diresmikan pihaknya dan Abhimanyu Dutta sebagai General Manager Sanofi CHC Indonesia, yang juga membahas mengenai kepentingan serta manfaat dari swamedikasi atau perawatan diri (self-care), bukan hanya kepada para pasien, namun juga untuk para komunitas apoteker.

Dalam kegiatan SwipeRx IPEC 2023 ini dihadiri oleh lebih dari 700 apoteker dan pemilik apotek di wilayah Jawa Timur. Namun, penyebaran informasi mengenai isi kegiatan akan ditujukan kepada seluruh apoteker di Indonesia, begitu juga dengan penggunaan fitur PharmAcademy di aplikasi SwipeRx yang dapat diakses secara nasional.

"Melalui peluncuran PharmAcademy, diharapkan dapat memberi manfaat kepada apoteker untuk menjadi konsultan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan," jelas Matina.

Ketika masyarakat membahas mengenai perawatan diri dan hal yang terbersit pertama kali adalah hal-hal yang berkaitan dengan kemewahan dalam merawat diri seperti pijat, perawatan tubuh dan salon. Padahal arti perawatan diri atau swamedikasi tidak sesimpel itu.

"Ketika kami membahas swamedikasi, hal ini seperti meletakkan faktor kesehatan di genggaman tangan, memberikan yang terbaik bagi diri kita dan juga kepedulian terhadap sekitar. Ini merupakan misi dan tujuan kami di Sanofi CHC," tandas Matina.

 

Reporter: Zain Ahmad

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait