Keluarga Berencana Pilar Penting Melindungi Perkembangan Anak

© mili.id

Khusnul Khotimah(foto: Roy Ibrachim/mili.id)

Surabaya - Secara blak-blakan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengingatkan warga Kota Pahlawan tentang pentingnya mengikuti program keluarga berencana (KB).

Pesan Eri  ini disampaikan saat memberikan intervensi kepada pasangan suami istri Bulak Rukem, yang memiliki 6 orang anak, 4 di antaranya tidak mengenyam pendidikan.

Terkait imbauan Eri, menurut Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, pemkot sudah menggalakkan sosialisasi KB, namun tidak bermaksud menghalangi pasutri memiliki lebih dari dua anak. 

Penekanannya kata Khusnul, adalah keindahan berencana. Yakni, sebelum memutuskan ingin memiliki berapa anak, itu perlu direncanakan. Bagaimana mengasuh dan mendidiknya. "Sehingga orang tua mengarahkan masa depan anak," ujar Khusnul, Senin (19/06/2023).

Khusnul menjabarkan, seruan Eri Cahyadi akan pentingnya program KB, tidak hanya disampaikan saat Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730, tetapi juga diserukan pada momen tertentu, melibatkan BKKBN.

Kendati begitu, ia mengakui masih banyak kendala, terbentur dengan budaya dan mindset masyarakat. Namun, dari sudut pandangnya, berencana itu merupakan pilar penting untuk menjaga, melindungi dan memastikan. "Tumbuh kembangnya anak-anak itu lrbih penting," pungkas Khusnul Khotimah.

Reporter: Roy Ibrachim 

 

Editor : Aris S



Berita Terkait