Komplotan Pencuri Sapi di Probolinggo Tepergok Warga

© mili.id

Salah satu sapi berhasil ditemukan setelah dicuri dan dibawa lari ke sawah warga.(foto:Moh Ahsan Faradisi/mili.id)

Probolinggo - Warga Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo dan anggota Satreskrim Polres Probolinggo Kota berhasil menggagalkan komplotan pencurian hewan ternak (Curwan), Selasa (27/6/2023) dini hari.

Warga dan kepolisian berhasil menggagalkan aksi komplotan pencuri sapi milik Usman (65), warga setempat. Sebanyak 3 sapi korban berhasil ditemukan warga di area persawahan sekitar, selain itu 3 orang diduga pelaku juga diamankan pihak kepolisian.

Informasi yang diperoleh, pencurian sapi itu sempat diketahui oleh warga, sehingga langsung membunyikan kentongan dan berteriak agar aksi pencurian itu diketahui banyak orang. Alhasil, warga berdatangan lalu mengejar pelaku hingga ke persawahan.

"Selain itu, ada warga juga yang melaporkan ke pihak kepolisian, sehingga datang polisi dengan senjata lengkap juga mengepung sawah yang jadi lokasi pelarian pencuri sapi saya," kata Usman, pemilik sapi.

Tak hanya itu, lanjut Usman, pencurian sempat terekam CCTV tetangganya. Sekitar pukul 02.00 WIB, satu orang pelaku masuk ke kandang sapi lalu membawa 3 sapi blasteran berusia 1 tahun sedangkan 2 pelaku lainnya sedang mengawasi situasi di luar.

"Saya sendiri tahunya kalau sapi saya dicuri setelah dibangunkan tetangga, dan pas tahu sapi sudah dicuri, langsung saya gabung menyusul warga yang lain mengepung sawah tempat para pencuri lari," ungkap Usman.

Sementara Kasatrekrim Polres Probolinggo AKP Jamal membenarkan jika pihaknya sudah mengamankan 3 orang yang diduga merupakan pelaku curwan di wilayah hukumnya. Ketiganya diamankan, setelah pihaknya mencurigai gerak geriknya.

Jamal juga menghimbau, bagi para pemilik hewan ternak dan barang-barang berharga agar lebih waspada lagi dalam beberapa hari kedepan sebab momentum hari raya idul adha biasanya sering digunakan pelaku kejahatan melancarkan aksinya.

"Jadi langsung kami amankan dan kami bawa ke Mapolres untuk diperiksa, kalau tidak terbukti ya kami lepas. Untuk sapi sudah kami temukan di pinggir sawah masuk jalan Merapi, Kelurahan Triwung Lor," pungkas Jamal.

Reporter: Moh Ahsan Faradisi

Editor : Aris S



Berita Terkait