Bersama Kinaraya, Mahasiswa Politeknik LP3I Tebarkan Spirit Berkebaya Pada Generasi Muda

© mili.id

Acara Duta Kebaya dan Batik Cilik Indonesia yang digelar LP3I Jakarta.

Jakarta - Kebaya adalah warisan budaya Indonesia sejak zaman dahulu kala yang perlu dilestarikan. Demi menebarkan spirit berkebaya pada generasi muda masa kini, mahasiswa Program Studi D3 Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I Jakarta menggelar perhelatan bertajuk Kinaraya.

Acara ini berlangsung di Gedung Kesenian Jakarta, 21 September 2023 dan berkolaborasi dengan komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia serta Duta Kebaya dan Batik Cilik Indonesia. Adapun perhelatan ini diisi dengan gelar wicara, pemutaran film pendek, peragaan busana, dan perlombaan kebaya.

“Selain wujud dukungan terhadap kebaya, acara ini adalah implementasi pembelajaran dengan metode project-based learning dari beberapa mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa. Acara ini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa terkait pengelolaan acara dan membangun kolaborasi dengan pihak eksternal,” ungkap Setyoningsih Subroto, S.E., M.I.Kom, Ketua
Program Studi D3 Hubungan Masyarakat Politeknik LP3I Jakarta.

Sepanjang acara berlangsung, audiens tampak menikmati seluruh gelaran yang ditampilkan oleh para penampil. Gelar wicara menghadirkan narasumber dari komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, yakni Aurora Raisa Ramadhan, Arsita Resmisari, dan Sitawati Ken Utami.

Lenggak-lenggok mahasiswa saat peragaan busana juga berhasil memantik decak kagum dari audiens. Busana yang dikenakan adalah kebaya hasil kreasi Arsita Resmisari (anggota Perempuan Berkebaya Indonesia).

Saat pemutaran film pendek, seluruh audiens khidmat dalam menyimak hasil karya sinematik produksi mahasiswa Program Studi D3 Hubungan Masyarakat. Film tersebut menampilkan sejarah kebaya dari masa ke masa dan eksistensinya hingga kini. Sebagai momen penutup, lomba kebaya yang diikuti oleh beberapa wanita dari Jabodetabek berhasil menyemarakkan acara dengan meriah.

Dalam acara ini pun terselip momen unik yang berhasil menghebohkan audiens, yakni kemunculan Duta Kebaya dan Batik Cilik Indonesia saat sesi gelar wicara dan peragaan busana. Pada usia yang masih dini, mereka menunjukkan penguasaan terhadap wawasan mengenai kebaya. Tidak hanya itu, pembawa acara pun dikejutkan karena tiba-tiba memperoleh rekan cilik dalam membawakan acara.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini, bukti nyata implementasi pendidikan tinggi vokasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa Program Studi D3 Hubungan Masyarakat. Terlebih Kinaraya adalah bagian dari rangkaian Dies Natalies Politeknik LP3I Jakarta yang ke-20. Semoga dengan adanya acara ini dapat memberi sumbangsih bagi pelestarian kebaya dan semakin mengharumkan nama Politeknik LP3I Jakarta,” ujar Akhwanul Akhmal, S.P., M.Si., Direktur Politeknik LP3I Jakarta.

Editor : Aris S



Berita Terkait