SIG Operasikan Ready-Mixed Batching Plant di Manado

© mili.id

Ready-mixed batching plant Manado (Foto: SIG)

mili.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mengoperasikan ready-mixed batching plant berkapasitas 50 m3 per jam atau 8.500 m3 per bulan di Kelurahan Taas, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Kehadiran fasilitas produksi beton siap pakai ini merupakan bagian dari upaya Perusahaan untuk melayani kebutuhan pembangunan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam pembangunan infrastruktur di Sulut.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, ready-mixed batching plant Manado ini dioperasikan anak usaha SIG, yaitu PT Varia Usaha Beton (VUB), untuk melayani kebutuhan pembangunan di 5 kabupaten/kota di Sulut, meliputi Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa.

Sebagai kota terbesar di Sulut, dengan jumlah penduduk mencapai 454.606 jiwa pada 2022, Manado memiliki posisi geografis strategis, karena berada di posisi silang dalam peta lalu lintas internasional penting di Indonesia, serta memiliki potensi pariwisata yang tinggi.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Manado bersama pemerintah pusat gencar melakukan pembangunan infrastruktur untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada.

Sebagai ibu kota Sulut yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, pendidikan dan pelayanan, Manado diharapkan dapat menjadi penopang pengembangan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat Sulut.

"Pertumbuhan jumlah penduduk yang terus berkembang, serta pembangunan infrastruktur yang masif, mendorong peningkatan kebutuhan terhadap bahan bangunan yang pada gilirannya menggerakkan sektor konstruksi di Kota Medan, dan di Sulawesi Utara pada umumnya. Kondisi ini menjadi peluang bagi SIG untuk turut berkontribusi dalam mendukung program pembangunan pemerintah, sekaligus meningkatkan pertumbuhan bisnis Perusahaan," terang Vita dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (17/11/2023).

Dalam pembangunan infrastruktur di Sulut, SIG telah terlibat dalam proyek pembangunan Tol Manado–Bitung dengan memasok 76.711 m3 beton pada periode September 2019 sampai November 2021 yang dipasok dari fasilitas ready-mixed batching plant di Bitung.

Pembangunan Tol Manado–Bitung merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mengurangi biaya logistik produk ekspor melalui Pelabuhan Internasional Bitung, serta mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"SIG siap menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan pembangunan infrastruktur untuk memajukan sektor pariwisata di Kota Manado dan sekitarnya, serta menjadikan Kota Manado sebagai pusat ekonomi baru di Kawasan Timur Indonesia dan sebagai destinasi pariwisata internasional," pungkas Vita.

Editor : Redaksi



Berita Terkait