Hari Ini Presiden Jokowi Lantik Ketua KPK Sementara Nawawi Pomolango

© mili.id

Nawawi Pomolango (Foto:Ist/mili.id)

Mili.id – Untuk mengisi kursi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dijadawalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Nawawi Pomolango sebagai KEtua KPK Sementara di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11).

"Besok pagi (Senin, 27/11), direncanakan ada agenda Pengucapan sumpah/janji Bapak Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara di hadapan Presiden," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, seperti dilansir Antara, Minggu (26/7/2023).

Keputusan Presiden Jokowi menetapkan Nawawi Pomolango yang sebelumnya merupakan satu dari empat Wakil Ketua KPK periode 2019-2023 sebagai Ketua KPK sementara ini, untuk menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara usai jadi tersangka kasus pemerasan. Penetapan itu tertuang dalam keputusan presiden (Keppres) mengenai pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK.

Menurut situs resmi KPK, Nawawi Pomolango mengawali kariernya sebagai hakim Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Halmahera Tengah, pada 1992. Ia bertugas di sana selama empat tahun, sebelum pindah menjadi hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Sulut.

Kariernya sebagai hakim berlanjut ke Pengadilan Negeri Balikpapan, lalu ditugaskan di Pengadilan Negeri Makassar pada 2005.

Reputasi Nawawi semakin dikenal ketika mengemban tugas di PN Jakarta Pusat pada 2011-2013. Ia kemudian menjabat Ketua PN Jakarta Timur pada 2016, sebelum akhirnya dapat promosi sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar pada 2017.

Editor : Aris S



Berita Terkait
© mili.id

Bupati Sidoarjo Resmi Ditahan KPK