Kurangi Sampah, Botol Kaca Bekas Disulap jadi Vas Bunga Cantik

© mili.id

Salah satu peserta, merangkai bunga setelah botol kaca selesai dilukis. (Shella/mili.id)

Surabaya - Bosan di rumah? mungkin kegiatan yang seru dan sekaligus gerakan mengurangi sampah ini dapat dilakukan di penghujung minggu anda semua.

Kegiatan itu yakni dengan memanfaatkan botol kaca tak terpakai di rumah menjadi vas bunga yang cantik, menambah kesan aesthetic di sudut ruangan atau didalam rumah anda.

Melalui Bottle Painting Workshop & Flower Arrangement, peserta diajak untuk menghias botol yang sebelumnya tidak terpakai, menjadi barang lebih berguna dan bernilai jual.

Owner Studio 9nol1 sekaligus mentor, Alya Syifa Kusuma menyampaikan bahwa workshop kali ini mengusung konsep daur ulang atau reuse.

"Konsep kali ini daur ulang. Saat workshop kita pakai botol kaca. Kalau mau buat lagi di rumah bisa juga pakai botol plastik," jelas Alya Syifa Kusuma di Artotel Suite Hotel Surabaya, Sabtu (2/12/2023).

Awalnya, botol kaca yang sebelumnya telah dibersihkan, digambar dan diberi warna sesuai keinginan masing-masing.

Alya mengaku, untuk mengecat botol, ia memerlukan cat tembok agar lebih menempel di permukaan kaca.

"Aku coba cat tembok dan ternyata surprisingly dia lebih nempel di botol kaca ini. Lebih awet jauh," akuinya.

Proses melukis botol kaca menggunakan cat tembok. (Shella/mili.id)Proses melukis botol kaca menggunakan cat tembok. (Shella/mili.id)

Dalam pengaplikasiannya, ia juga menyarankan untuk memakai spons jika ingin mewarnai botol secara keseluruhan agar mempersingkat waktu.

"Kalau pake kuas bisa dipake gambar langsung, misalnya gambar objek, itu bisa pakai kuas. Kalau untuk ngeblok, aku menyarankan untuk menggunakan spons, selain untuk memotong waktu, dia juga lebih merata"

Sementara itu, ia tidak membatasi dalam menggunakan warna. Agar para peserta dapat mengekspresikan diri sebebas mungkin.

"Workshop ini dibikin sebagai wadah buat mengekpresikan diri, jadi pemilihan warna gak ada yang dianjurkan. Balik ke selera masing-masing, para peserta bisa menjadikan ini sebagai salah satu sarana menyalurkan perasaan," terangnya.

Ia menambahkan, jika ingin menempatkan hasil jadi bottle painting tersebut, bisa menggunakan warna yang netral, agar tidak kontras dengan hiasan lain.

"Cuman emang biasanya sih kalau mau aman, warna putih, warna warna yang soft kadang. Kalau cewe suka yang soft dan netral, jadi nanti hiasan dirumah gak terlalu nabrak sama hiasan yang lain," pungkasnya.

Botol yang telah dilukis sedimikian rupa, kini langka terakhir yaitu arrangement atau merangkai berbagai bunga sesuai keinginan.

Editor : Achmad S



Berita Terkait