99 Siswa Apple Developer Academy 2023 Universitas Ciputra Surabaya Lulus

© mili.id

Merj, aplikasi MacOS yang membantu pekerja kreatif untuk mengumpulkan refrensi visual lebih mudah, sebagai salah satu tim yang menjadi sorotan di Apple Developer Academy di Universitas Ciputra Surabaya, Selasa (12/12/2023). (Foto: Apple Developer Academy

Surabaya - Apple Developer Academy di Indonesia merayakan kelulusan 99 siswa dari batch 2023 di Universitas Ciputra (UC) Surabaya. 99 siswa tersebut menghasilkan 99 apps atau aplikasi sebagai solusi untuk permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Academy Director Apple Developer Academy, Dr. Trianggoro Wiradinata, M.Eng. Sc, menjelaskan bahwa setelah 10 bulan para siswa berproses di Apple Developer Academy, merancang dan membuat aplikasi yang bermanfaat untuk segala persoalan di lingkungan sekitar.

Aplikasi yang memudahkan event dekorator dalam menyajikan desain spasial dengan format 3D, Selasa (12/12/2023). (Foto: Apple Developer Academy for mili.id)Aplikasi yang memudahkan event dekorator dalam menyajikan desain spasial dengan format 3D, Selasa (12/12/2023). (Foto: Apple Developer Academy for mili.id)

"Para peserta batch 2023, selama 10 bulan berlatih bekerja keras, tiap hari datang ke Academy, untuk merancang, mengembangkan bahkan saya juga mendengar, dari beberapa mentor, ada yang langsung terjun ke komunitas, untuk pengumpulan data, untuk memahami persoalan-persoalan di sekitar kita. Akhirnya merumuskan, merancang, untuk membuat aplikasi yang bermanfaat," jelas Dr. Trianggoro Wiradinata dalam Ceremony Graduation Apple Developer Academy, di Universitas Ciputra Surabaya, Selasa (12/12/2023).

Diketahui sebelumnya, acara kelulusan secara keseluruhan telah dilaksanakan pada Rabu, 6 Desember 2023 lalu di Jakarta. Dengan total hampir 400 siswa dari tiga kampus di Indonesia, yang terdiri dari mahasiswa Universitas Bina Nusantara (Binus) di Jakarta, Infinite Learning di Batam dan Universitas Ciputra (UC) di Surabaya pada batch 2023.

Dr. Trianggoro juga mengatakan, para peserta batch 2023 Surabaya berasal dari 9 Perguruan Tinggi di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sebanyak 99 aplikasi telah dibuat diantara 63 pria dan 38 Wanita. Uniknya, tahun ini rekor terbanyak peserta wanita yang bergabung.

"Lalu kita juga mencatat 63 pria dan 38 Wanita, ini adalah rekor bapak ibu, jadi selama ini kami belum ada peserta wanita sampai 38, dan batch ini ada peningkatan dari peserta wanita. Jadi kita senang sekali, ada gender balance di perkembangan academy kami," kata Dr. Trianggoro.

Ia merinci dari sebanyak 99 aplikasi yang telah dihasilkan, 27 diantaranya telah terdaftar di Apple Store. Hasil dari 27 aplikasi ini berdasarkan seleksi yang tidak mudah oleh Apple untuk masuk ke Apple Store.

"Dari 99 itu 27 diantara apps ini sudah terdaftar dan bisa didownload, diunggah dan siap digunakan oleh pengguna oleh Apple Apps Store. Untuk masuk ke App Store itu seleksinya tidak lah mudah, seleksinya ketat sekali, sehingga 27 ini patut kita berikan applause," bangganya.

Sementara itu, ia juga menyebut salah satu tim perwakilan dari Apple Developer Academy UC Surabaya, presentasi di depan Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri, Dr. Budi Santoso pada Kamis minggu lalu.

Tim tersebut merupakan Tim LYFY. Sebuah aplikasi di web Safari macOS, yang bertujuan untuk meningkatkan pengalam berbelanja secara live streamer.

"Ada juga wakil dari UC yang juga berangkat, tim ini adalah LYFY yang memaparkan Artificial Intelligence (AI), bagi UMKM yang berjualan secara live. Selain tim LYFY yang sudah presentasi di depan Dirjen perdagangan luar negeri, bapak Dr. Budi Santoso, ada banyak sekali aplikasi lain. Saya kira solusi-solusi yang sudah dibuat adalah solusi yang sangat, jadi sangat trending hari ini, sangat dibutuhkan oleh masyarakat kita," tandasnya.

Sementara itu, Rektor UC, Ir.Yohannes Somawiharja, M.Sc. menyebut terdapat tiga ciri seorang entrepreneur yang diajarkan oleh Universitas Ciputra dan Apple Developer Academy. Pertama, seseorang harus memiliki sensitivity to the need of others atau sensitifitas terhadap kebutuhan orang lain.

"Yang kedua adalah kemampuan untuk mengkonstruksi inovasi, menggabungkan antara kreativitas dan keilmuan yang anda miliki. dan menggabungkannya dengan resource yang ada. Sehingga bisa menciptakan inovasi," ungkap Ir. Yohanes Somawiharja di Auditorium UC Surabaya (12/12/2023).

Sementara yang ketiga, Ir Yohanes menyampaikan bahwa kemampuan untuk mengorganisir semua resource yang bisa mendeliver hasilnya kepada para pengguna.

"Karena sebuah apps yang bagus itu kan sebuah apps yang laku. Kalau Anda bikin apps yang menurut anda kreatif yang sangat bagus tapi nggak ada yang adopt, itu ya kurang berhasil. Jadi tidak cukup inovatif untuk memenuhi kebutuhan orang," paparnya.

Dari sekian aplikasi, terdapat empat aplikasi menarik yang memanfaatkan teknologi Apple dalam mengatasi tantangan di masyarakat menjadi sorotan di Apple Developer Academy, UC Surabaya pada batch 2023 ini.

Berdasarkan keterangan tertulis, empat aplikasi tersebut antara lain, Merj, aplikasi MacOS yang membantu pekerja kreatif untuk mengumpulkan dan mengatur referensi visual dengan mudah; Nata, yang memberdayakan event planners untuk memvisualisasikan dan menyajikan konsep desain spasial dalam format 3D; dan Rhyplay, aplikasi iOS interaktif yang mendukung pecinta musik dalam meningkatkan kemampuan ritme dengan menggunakan Smart Gloves yang terhubung.

Editor : Aris S



Berita Terkait