Tingkatkan Ekonomi Rakyat, Pemkab Mojokerto Bagikan 40.000 Bibit Lele

© mili.id

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyalurkan bantuan 40.000 bibit lele dan 2.880 kg pakan ikan kepada dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Bumi Majapahit. (Diskominfo Kabupaten Mojokerto for mili.id)

Mojokerto - Sebanyak 40.000 bibit lele dan 2.880 kilogram pakan ikan diberikan kepada dua kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Mojokerto, Rabu (13/12/2023).

Penyerahan bantuan langsung diberikan Bupati Ikfina Fahmawati yang juga ikut menaburkan bibit lele di area budidaya lele di Perumahan Canggu Permai, Desa Canggu, Kecamatan Jetis.

Dua pokdakan yang menerima bantuan yakni, Pokdakan Cangmai Lumintu, Desa Canggu, Kecamatan Jetis memperoleh bantuan sebanyak 25.000 bibit lele, 1.620 kg pakan ikan, 10 unit kolam terpal, dan 1 unit pompa.

Sedangkan untuk Pokdakan Maju Jaya, Desa Kedungmungal, Kecamatan Pungging mendapatkan 15.000 bibit lele, 1.260 kg pakan ikan, dan 6 unit kolam terpal.

Bupati Ikfina mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan upaya Pemkab Mojokerto dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal tersebut dilakukan, karena di wilayah Bumi Majapahit terdapat aneka ragam sektor penggerak ekonomi seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), perdagangan, pertanian, perkebunan, dan perikanan.

"Maka upaya yang dilakukan adalah memberikan support diantaranya adalah bantuan yang kita serahkan yang diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Bupati Ikfina juga menilai, mengkonsumsi ikan juga sangat baik untuk kesehatan, karena ikan sendiri, memiliki protein hewani yang sangat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

"Untuk mensupport kesehatan dan tidak menimbulkan gangguan penyakit adalah jenis protein hewani dari ikan, karena memiliki zat yang bersifat antiradang. ini bedanya dengan sumber protein yang berasal dari daging sapi maupun ayam," jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan penyaluran bantuan ini bersumber dari Pokok-Pokok Pikiran (Pikir) Anggota DPRD.

Sehingga diharapkan, dari bantuan ini para peternak dapat memanfaatkan semaksimal mungkin, dan usahanya terus berkembang.

"Harapannya ini nanti berkelanjutan, dalam arti tentu kita berharap hasil panen itu bisa melakukan pengadaan sendiri untuk proses budidaya berikutnya. begitu kita akan semakin berkembang," imbuhnya.

Diketahui, pada pelaksanaan penyaluran bantuan bibit ikan lele dan pakan ikan juga turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto M. Riduwan, dan jajaran Forkopimcam Jetis.

Editor : Aris S



Berita Terkait