Mahasiswa PCU Kupas Tuntas Pemimpin Masa Depan Versi Gen Z lewat Mimbar Orasi

© mili.id

Darren Tanuwijaya menyampaikan orasinya. (Humas PCU for Mili.id)

Surabaya - Kemeriahan pesta demokrasi semakin terasa di tengah masyarakat Indonesia. Tapi ada satu hal yang menarik perhatian, yakni partisipasi anak muda, khususnya Generasi Z, dalam proses demokrasi tersebut.

Gimana sih pemimpin masa depan dalam kacamata Gen Z? Untuk menjawab hal tersebut 30 Mahasiswa semester lima Program Studi Communication Science PCU (Petra Christian University) mengupas tuntas hal itu dalam sebuah mimbar orasi yang digelar di Selasar Gedung Q lantai 3 kampus setempat, Kamis (14/12/2023).

Para mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir mata kuliah Komunikasi Kepemimpinan itu, mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan orasinya dengan durasi lima hingga tujuh menit.

Dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Kepemimpinan Dr. Fanny Lesmana, S.Sos., M.Med.Kom menjelaskan topik yang diangkat dalam kegiatan itu yakni Pemimpin Masa Depan dalam Kacamata Gen Z.

"Kegiatan ini diambil untuk mengetahui apa yang diharapkan Gen Z terkait sosok pemimpin yang baik. Karena mereka juga calon pemimpin, dan yang akan menjalankan konsep kepemimpinan yang diharapkan itu kedepannya,” ujar Dr. Fanny.

Pemilihan topiknya juga tak bisa dipungkiri karena hingar bingar situasi politik yang sedang terjadi di tanah air saat ini. Sehingga kelas yang diampunya itu diharapkan tidak hanya memahami teori atau konsep kepemimpinan saja, namun juga praktiknya.

“Harapannya lewat kegiatan ini, para mahasiswa juga dapat mengimplementasikan konsep kepemimpinan itu dalam kehidupannya sebagai seorang calon pemimpin,” tuturnya.

Mata kuliah Komunikasi Kepemimpinan di PCU merupakan mata kuliah pilihan yang bisa diambil oleh para mahasiswa, yang ingin belajar tentang cara seorang pemimpin dalam mengkomunikasikan pesan kepada tim, maupun kepada orang-orang di luar organisasinya.

"Selain orasi, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan adanya pameran foto dari kelas fotografi jurnalistik melalui pameran itu para mahasiswa memajang hasil-hasil fotografi terbaiknya dengan tema Melangkah ke Jembatan Surabaya," pungkasnya.

Laboratorium Televisi PCU juga akan menayangkan beberapa karya yang dibuat oleh mahasiswa. Serta ada siaran secara langsung dari lokasi kegiatan, oleh para mahasiswa PCU dari komunitas Petra Campus Radio.

"Lewat kegiatan yang sekaligus menjadi rangkaian dari Ujian Akhir Semester ini juga, para mahasiswa PCU sebagai perwakilan Generasi Z bisa ikut terlibat menjadi penggerak, agar anak muda lainnya mau berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun depan,” tutup Fanny.

Editor : Aris S



Berita Terkait