Dear Wisatawan, Kawah Ijen Bondowoso Siap Dibuka Kembali Lho

© mili.id

Pengunjung menikmati pesona di TWA Kawah Ijen Bondowoso. (Foto Instagram @andrearamadhaan)

Bondowoso - Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen yang ditutup sementara sejak 3 Januari 2024, kini siap dibuka kembali. Penutupan Kawah Ijen dalam rangka evaluasi kunjungan hingga pembersihan sampah di awal tahun baru.

Usai dievaluasi, digelar rapat koordinasi rencana pembukaan jalur pendakian Kawah Ijen di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jumat (5/1/2024).

"Dari hasil rapat tadi, nanti malam sudah bisa dibuka. Tapi kami masih menunggu surat di grup," ungkap Camat Ijen, Edy Mulyono dikonfirmasi Mili.id via sambungan telepon.

Ia menyebut jika ada grup khusus berkaitan dengan pengelolaan TWA Kawah Ijen berisi stakeholder gabungan dari Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

"Mulai dari Muspika Ijen dan Licin, Polres Bondowoso dan Banyuwangi, Perhutani, puskesmas, para kades, BKSDA dan lainnya," ucapnya.

Edy menilai bahwa penutupan sementara TWA Kawah Ijen dalam rangka evaluasi rutin.

"Kalau istilah kami itu bersih-bersih gunung. Di sana juga dicek, takut ada jalan yang mengarah ke longsor, rusak. Pengecekannya ke arah sana," bebernya.

Meskipun dari sisi keamanan dan kebersihan sudah rampung, namun jalur pendakian di Kawah Ijen baru bisa dibuka setelah turun surat resmi dari BKSDA.

"Kami masih menunggu surat dari BKSDA. Nanti kalau sudah turun, suratnya kami share ke teman-teman media," janjinya.

Untuk diketahui, penutupan sementara TWA Kawah Ijen mengacu pada surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem Balai Besar Konservasi SDA Jawa Timur.

Itu tertuang dalam Surat Edaran 01/K2/BIDTEK.1/KSA/01/2024 Tentang penutupan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa TWA Kawah Ijen terletak di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi yang mempunyal fungsi salah satunya adalah untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi alam.

"Dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama tahun 2023 dan persiapan untuk kegiatan kunjungan wisata alam tahun 2024, maka dilakukan penutupan sementara kegiatan kunjungan wisata di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen mulai tanggal 3 Januari 2023 sampai batas waktu yang tidak ditentukan," tertulis dalam surat edaran tersebut seperti dilihat Mili.id pada Selasa (2/1/2024).

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bondowoso, Mulyadi mengomentari hal itu.

"Itu memang rutin dilakukan setiap tahun pasca Nataru (Natal dan Tahun Baru)," ungkap Mulyadi dikonfirmasi Mili.id via pesan singkat, Selasa (2/1/2024) lalu.

Menurutnya, penutupan sementara kawasan TWA Kawah Ijen untuk mengevaluasi area pendakian dan pembersihan sampah.

"Sehingga eksotic ijen tetap bisa dipertahankan," terang Mulyadi.

Editor : Achmad S



Berita Terkait