Pembina Samsat Jatim Dukung Penuh Aplikasi SIGNAL untuk Digitalisasi Pelayanan

© mili.id

Bimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional Provinsi Jawa Timur 2024 di Surabaya (Foto: Humas Polda Jatim)

Surabaya - Pembina Samsat Jawa Timur yang terdiri dari Bapenda, Ditlantas dan PT Jasa Raharja menyatakan dukungan penuh terhadap aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional).

Pernyataan itu dilakukan saat acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional Provinsi Jawa Timur 2024 di Hotel Oakwood Surabaya, Sabtu (24/2/2024).

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan validitas kendaraan bermotor dan pajak kendaraan bermotor sebagai pendapatan daerah," ungkap Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim, AKBP Raden Erik Bangun Prakasa.

Erik menjelaskan, aplikasi SIGNAL merupakan platform digital untuk pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

"Kami (Ditlantas Polda Jatim) menyampaikan dukungan penuh terhadap aplikasi SIGNAL sebagai program digitalisasi unggulan Bapak Kapolri," jelasnya.

Bimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional Provinsi Jawa Timur 2024 di SurabayaBimbingan Teknis Aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional Provinsi Jawa Timur 2024 di Surabaya

Sementara Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Jatim, Kresna Bimasakti mengatakan bahwa bimtek dan sosialisasi tersebut bisa menambah wawasan dan informasi. Sehingga diharapakan, ke depan dapat diimplementasikan dalam pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Jatim.

"Saya berharap pelaksanaan bimbingan teknis dan sosialisasi aplikasi SIGNAL ini dapat menambah wawasan dan informasi yang bermanfaat bagi saudara-saudara, peserta untuk diimplementasikan dalam pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Jawa Timur," ungkap Kresna.

Diketahui, acara ini juga dihadiri perwakilan Pembina Samsat Nasional, yaitu Kasi Standarisasi STNK dari Subdit STNK-Regident Korlantas Polri.

Kemudian pembina Samsat Provinsi Jawa Timur, Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim, Kepala Bidang Pajak Daerah Bapenda Jatim, dan Kepala Bagian Asuransi PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur.

Hadir pula 150 personel yang mewakili 48 unit kerja samsat se Jatim.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait