Polres Mojokerto Kerahkan Ratusan Personel untuk Penuhi Stok Darah PMI

© mili.id

Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto setelah meninjau dan ikut serta mendonorkan darah bersama ratusan anggotanya di Gedung Serbaguna Polres Mojokerto. Foto : (nana/mili.id)

Mojokerto - Polres Mojokerto menargetkan minimal 100 kantong darah dalam bakti donor darah di mapolres, Jumat (19/4/2024), usai memenuhi stok di PMI Kabupaten Mojokerto yang menipis.

Stok di PMI Kabupaten Mojokerto yang semakin menipis ini karena banyaknya permintaan pasien cuci darah, DBD, dan HB menurun.

Sehingga Akpol lulusan tahun 2005 ini memerintahkan seluruh personal Polres Mojokerto, PJU, dan polsek jajaran untuk mengikuti aksi donor darah ini.

"Saya menargetkan hari ini bisa tercapai minimal 100 kantong darah, karena stok di PMI terbatas pasca libur Lebaran," ujar Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto usai meninjau dan ikut serta mendonorkan darah bersama ratusan anggotanya di Gedung Serbaguna Polres Mojokerto.

Meski begitu, seluruh personel yang mendonorkan darahnya harus terlebih dulu mengikuti screening kesehatan sesuai SOP berlaku.

"Kesempatan kali ini, tidak hanya (anggota) dari Polres Mojokerto, setelah Operasi Ketupat Semeru selesai teman-teman polsek juga dihadirkan dan alhamdulilah banyak yang datang," ucapnya.

Nantinya, aksi sosial ini, lanjut Irham, akan dijadikan agenda rutin tiga bulan sekali di lingkungan Polres Mojokerto. Tentunya dengan menggandeng forkopimda terkait agar pemehunan kebutuhan stok darah di PMI selalu ada.

"Kalau untuk aksi donor memang hari ini saja, karena kebutuhan PMI mendesak. Tapi rencana kami kedepan akan diadakan setiap tiga bulan sekali," pungkas Irham.

Stok darah di PMI Kabupaten Mojokerto semakin menipis sejak Rabu (17/4/2024). Sebab, permintaan dari rumah sakit negeri maupun swasta meningkat setelah Lebaran Idulfitri 1445 H.

Saat ini stok darah yang ada di PMI Kabupaten masing-masing golongan darah hanya ada 27 kantong untuk golongan A, 26 kantong golongan B, 16 kantong golongan AB, dan golongan darah O hanya 20 kantong.

Editor : Aris S



Berita Terkait