Banjir Kiriman Sempat Rendam Puluhan Rumah di Mojokerto, Sumbatan Sampah Jadi Pemicu

© mili.id

Puluhan rumah di Dusun Pendowo, Desa Ngrowo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto terendam air akibat saluran drainase tersumbat sampah (Foto: Relawan)

Mojokerto - Puluhan rumah di Dusun Pendowo, Desa Ngrowo, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto sempat terendam banjir kiriman, karena saluran drainase tersumbat sampah.

Air dengan ketinggian 40 sentimeter merendam rumah warga sekitar pukul 20.30 WIB, Kamis (13/6/2024).

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kabupaten Mojokerto, Saiful Anam menjelaskan, debit air naik karena adanya kiriman dari wilayah Pacet, yang diguyur hujan sejak sore.

"Penyebabnya adanya sumbatan sampah di saluran drainase," terang Anam, Jumat (14/6/2024).

Anam membeberkan, air kiriman dari Pacet akibat hujan juga membawa beberapa material sampah dan kayu. Hingga membuat saluran air yang ada di tengah perkampungan itu tersumbat.

"Kiriman air tersebut membawa material kayu dan sampah yang menyumbat saluran drainase dan mengakibatkan banjir," bebernya.

Tim gabungan mengevakuasi warga yang sakit ke puskesmas terdekatTim gabungan mengevakuasi warga yang sakit ke puskesmas terdekat

Sejumlah anggota TNI, Polri, relawan dan warga setempat membersihkan beberapa ranting pohon, maupun sampah yang menyumbat drainase tersebut.

Baru sekitar pukul 00.30 WIB, sampah yang menyumbat drainase berhasil dibersihkan. Dan air yang menggenangi puluhan rumah warga, dengan cepat surut.

Dalam peristiwa itu, tim gabungan juga mengevakuasi warga bernama Umi Badriah, yang mengalami sakit untuk dibawa ke puskesmas terdekat.

"Genangan air sudah tidak ada. Tapi warga di sana kesulitan air bersih karena dampak semalam," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait