Mayoritas Warga Surabaya Tidak Tahu Tanggal Pemilu, Tapi Akan Gunakan Hak Pilih

© mili.id

Surabaya

Mili.id - Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) dalam mengungkap apakah tahu kapan Pemilihan Umum (Pemilu) dilaksanakan, mayoritas warga Surabaya menunjukkan sebanyak 59,8% mampu menyebutkan tahun saja.
Direktur Riset SSC, Edy Marzuki menjelaskan sebanyak 12,1% mampu menyebutkan bulan dan tahun, kemudian hanyak 13,7% yang mampu menyebutkan secara lengkap tanggal, bulan hingga tahun pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Meski demikian, masih ada sebanyak 14,4% yang menyatakan tidak tahu/tidak menjawab," jelas Dosen Universitas Yudharta Pasuruan ini
Sementara, Edy menambahkan, meskipun masih banyak yang belum mengetahui secara terperinci pelaksanaan Pemilu, hasil survei menunjukkan sebanyak 84,8% warga Surabaya sudah pasti akan menggunakan hak pilihnya.

"Hanya 15,2% yang belum pasti menggunakan hak pilihnya ke depan. Ini harus menjadi perhatian bagi penyelenggara Pemilu ke depan", imbuhnya.
Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 01-10 Januari 2023 di 31 Kecamatan di Kota Surabaya.

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.

Editor : Redaksi



Berita Terkait