Berdirinya Gedung MCC Gerakkan Sektor Ekonomi Kota Malang

© mili.id

MCC memberikan isyarat angin segar potensial ekonomi Kota Malang.(foto: Rama Indra/mili.id)

Malang-Berdirinya Malang Creative Center (MCC) di Jalan A. Yani, Kecamatan Blimbing, memberikan isyarat angin segar potensial ekonomi Kota Malang. MCC dibuat sebagai wadah pemberdayaan bagi pelaku UMKM dan Ekraf, yang mencakup 17 subsektor ekonomi kreatif sekaligus.

Subsektor berjumlah 17 itu diantaranya adalah; arsitektur, film, kriya, kuliner, seni rupa, desain produk, televisi dan radio, fashion, pertunjukan, desain interior, periklanan, DKV dan juga musik.

MCC memberikan isyarat angin segar potensial ekonomi Kota Malang.(foto: Rama Indra/mili.id)MCC memberikan isyarat angin segar potensial ekonomi Kota Malang.(foto: Rama Indra/mili.id)

Manager Pemasaran dan Kerjasama, Frishanti Yuan menyampaikan, setiap kelompok pelaku ekonomi kreatif di MCC bisa dengan mudah berkolaborasi. Dapat membuat event kolaboratif secara bersamaan, sehingga setiap event digelar berpotensi menggerakkan sektor ekonomi lokal.

“Dengan rutin menyelenggarakan event kolaborasi setiap minggu, komunitas yang tergabung bisa dikenal dan dengan mudah meggaet custumer,” kata Frishanti, Jumat (17/11/2023).

Contohnya, lanjut Frishanti, adalah komunitas atau kelompok fashion, yang selama ini sering dan banyak digemari oleh masyarakat disaat menggelar pameran yang berkolaborasi dengan kelompok kriya dan fotografer.

"Produk fashion ini banyak peminatnya, dan ini yang paling ditunggu tunggu eventnya oleh masyarakat terutama kaum hawa. Sebab, selain banyak pruduk yang dipamerkan, mereka juga bisa memesan produk custom," rincinya.

Senada dengan Frishanti, Arman selaku Manager Program MCC optimis, bahwa untuk ke depannya MCC diharapkan bisa menjadi tonggak ekonomi kreatif, di tingkat Jawa Timur bahkan diakui UNESCO atau di level dunia.

"Karena bisa dibilang MCC ini merupakan bangunan pertama rumah ekonomi kreatif yang dimiliki Jawa Timur, dan satu satunya di Jawa Timur. Maka harapan kami ke depan, MCC ini bisa diakui di level dunia atau masuk diakui oleh UNESCO," pungkas Arman.

Editor : Aris S



Berita Terkait