Tips Cegah Sakit Setelah Tubuh Kehujanan

© mili.id

Foto: Ilustrasi (dok.freepik.com)

Surabaya – Menjaga daya tahan tubuh disaat musim hujan menjadi faktor penting agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Dampak air hujan dapat membuat suhu tubuh menjadi turun lebih dingin, terutama di bagian kepala. Akibatnya, sakit kepala menjadi sering muncul.

Selain itu suhu yang dingin juga bisa membuat orang rentan tepapar flu, demam, meriang dan lain sebagainya.

Untuk itu, berikut yang harus dilakukan setelah kehujanan, agar tubuh tetap sehat. Yang berhasil dihimpun mili.id, dari banyak sumber:

1. Segera Mandi dan Keramas

Diketahui, dari air hujan turun ini mengandung Gas atau senyawa yang bersifat asam. Kandungan keasaman lebih besar dari Gas, ini ditemukan disaat hujan turun rintik - rintik atau gerimis.

Oleh sebab itu, meskipun kamu hanya terkena sedikit air hujan, kamu disarankan segera mandi disertai keramas, untuk menghilangkan senyawa bersifat asam yang dibawa air hujan.

Hal itu berguna membuat suhu tubuh menjadi lebih stabil. Terlebih menggunakan air hangat, knj dapat membuat tubuh menjadi tetap rileks dan nyaman.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Selanjutnya, cara lain menurunkan suhu tubuh yang dingin supaya tidak sakit, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan minuman hangat, seperti halnya susu hangat, sup dan sekoteng.

Selain itu, wedang air jahe juga baik diminum setelah kehujanan, karena bermanfaat menghangatkan tubuh; mencegah terkena flu dan pilek.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pola makan yang sehat sangat penting untuk diterapkan selama musim hujan. Hal ini supaya sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

Berikut rekomendasi jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkakatkan sistem imun tubuh. Diantaranya; bawang putih, sayur brokoli, sayur bayam, paprika merah, dan juga jahe.

4. Lakukan Hidup Sehat

Kondisi setelah kehujanan membuat sebagian orang menjadi malas untuk beraktivitas. Itu sebaiknya dihindari, dengan menerapkan pola pola hidup sehat.

Ada banya cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalani hidup sehat. Diantaranya memenuhi kebutuhan istirahat, tetap melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan yang sehat, dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh; minum air putih setiap harinya.

Editor : Aris S



Berita Terkait