Perbaikan Jalan Rusak di Kabupaten Probolinggo Hampir Tuntas

© mili.id

Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Probolinggo menggunakan alpomain (Foto: Kominfo Kabupaten Probolinggo for mili.id)

Probolinggo - Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Probolinggo sudah hampir 98 persen selesai.

Per Kamis (14/12/2023), pengerjaan hanya tersisa 2 persen atau dalam tahapan penguatan sisi kiri-kanan jalan dan pembersihan.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto. Menurutnya, di Tahun 2023 anggaran perbaikan infrastruktur jalan yang dianggarkan sebesar Rp53-54 miliar sudah dinyatakan klir dan tak ada satupun proyek putus kontrak atau penyebab-penyebab lainnya.

"Ke depannya untuk pemeliharaan, kami akan melakukan langkah-langkah strategis khususnya di jalan paras Tegalsiwalan dengan membuat portal dan baliho bertuliskan larangan untuk truk pasir dan tebu dari arah Lumajang tidak boleh lewat," terang Ugas, Jumat (15/12/2023).

Menurut Ugas, jalan yang sudah diperbaiki di arah Kecamatan Tegalsiwalan menuju Lumajang tidak untuk kendaraan besar yang bukan kelasnya. Hal itu juga akan diberlakukan di jalan lain seperti di jalan Kecamatan Tiris dan Krucil.

"Sehingga nanti kemampuan dan kekuatannya jalan itu bisa sesuai dengan yang ditargetkan. Karena jalan ini nantinya jika tidak ada beban berat, kelas jalan ini bisa bertahan sampai 8 tahun tidak akan rusak. Paling apesnya, tidak akan rusak selama 5 sampai 6 tahun," ungkapnya.

Untuk memastikan jalan di Kabupaten Probolinggo bagus, lanjut Ugas, di Tahun 2024 pihaknya akan menambah 1 unit alpomain yang nantinya akan standby di tiga titik, wilayah barat, tengah dan timur. Sehingga bisa langsung mengeksekusi jika ada laporan jalan rusak.

"InsyaAllah harapan dan keinginan saya di Tahun 2024, meskipun tidak 100 persen tapi semua jalan di Kabupaten Probolinggo sudah bisa dinikmati dan meningkatkan perekonomian. Paling tidak, tidak malu saat ada wisawatawan menuju ke tempat wisata," pungkasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait