Cegah Kemacetan Menuju Gunung Bromo, Ini Langkah Polisi di Probolinggo

© mili.id

Tim Urai Satlantas Polres Probolinggo saat mengatur arus lalulintas menuju wisata Gunung Bromo. (Ist for Mili.id)

Probolinggo - Satlantas Polres Probolinggo memilik langkah untuk mencegah adanya kemacetan di pintu masuk menuju wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) seperti yang terjadi di Wonokitri, Pasuruan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Langkah itu yakni menyiapkan tim urai untuk mengantisipasi kemacetan dengan menerjunkan 10 personel di beberapa titik pintu masuk Gunung Bromo yang berada di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Kasat Lantas Polres Probolinggo, Iptu Karnoto mengatakan, selain untuk melancarkan arus lalu lintas, 10 personel itu juga akan mengarahkan jalur alternatif kepada para wisatawan agar tidak terjebak kemacetan.

"Selain Tim Urai yang kami terjungkan sebanyak 10 anggota, kami juga menyiapkan kantor parkir yang tepatnya berada di sebelah Polsek Sukapura dan nantinya dari paguyuban Jeep bisa menjemput wisatawan dari sana (Kantong Parkir)," kata Karnoto, Rabu (27/12/2023).

Membludaknya kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo, Iptu Karnoto mengimbau, agar pengendara tetap mentaati peraturan baik itu peraturan dari pihak BB TNBTS, aturan budaya masyarakat Tengger dan aturan lalulintas demi menjaga kenyamanan bersama saat berlibur.

"Tetap safety, pakai helm, cek juga rem kendaraan sebelum berangkat mengingat jalan menuju wisata Gunung Bromo banyak tanjakan dan juga saat berada di kawasan lautan pasir atau lain-lainnya jangan sembrono, jangan ugal-ugalan, saling menjaga dan menghormati kearifan lokal," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo saat momentum libur Nataru kali ini meningkat signifikan hingga 100 persen. Bahkan, pada Selasa (26/12/2023) jumlah pengunjung mencapai 3.000 lebih, hal ini diprediksi lebih meningkat di tanggal 30 dan 31 mendatang.

Editor : Achmad S



Berita Terkait