Gus Kikin Pastikan Ponpes Tebuireng Jombang Netral dalam Pilpres 2024

© mili.id

Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) - (Foto: Dok. mili.id)

Jombang - Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang merespons beredarnya berita dukungan terhadap salah satu pasangan calon presiden-wakil presiden.

Dalam surat pernyataan resminya, tertanggal Rabu 7 Februari 2024, Pengasuh Ponpes Tebuireng dengan tegas membantah pemberitaan tersebut.

Surat pernyataan yang ditandatangani KH Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin). Pengasuh Ponpes Tebuireng ini menyatakan bahwa posisi ponpesnya netral dalam Pilpres 2024.

Gus Kikin yang juga Ketua PWNU Jatim itu menegaskan, terkait dukungan kepada salah satu paslon dalam acara Mudzakarah Indonesia Maju pada Selasa (6/2/2024), merupakan sikap pribadi, bukan kelembagaan.

Surat edaran resmi yang diterbitkan Ponpes Tebuireng Jombang (Foto: Elok Apriyanto/mili.id)Surat edaran resmi yang diterbitkan Ponpes Tebuireng Jombang (Foto: Elok Apriyanto/mili.id)

"Adanya kegiatan pemberian dukungan terhadap salah satu paslon Pilpres 2024 di acara Mudzakarah Indonesia Maju yang diadakan di lokasi parkir KMGD (di luar kawasan Pesantren Tebuireng), tidak mewakili sikap kelembagaan Pesantren Tebuireng, melainkan merupakan sikap personal," tegas Gus Kikin.

Dia menyatakan bahwa Ponpes Tebuireng selalu menjaga marwah pesantren dengan berazaskan kebangsaan untuk kemaslahatan umat, sebagaimana diajarkan Hadratussyaikh KH M. Hasyim Asy'ari.

"Pesantren Tebuireng tidak pernah terlibat politik praktis, termasuk memberikan dukungan terbuka dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden," jelas dia.

Pesantren Tebuireng tetap dalam posisi netral dan tidak berpihak dalam Pilpres 2024 untuk menjaga persatuan dan semangat ukhuwah.

Adapun soal kedatangan capres-cawapres maupun timses, Pesantren Tebuireng senantiasa menerima dan menghormati tamu yang bersilaturahim sesuai tuntunan ajaran Islam.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait