44 Pendekar Silat Diamankan di Pintu Masuk Kota Surabaya

© mili.id

Para pendekar silat yang diamankan jajaran Polrestabes Surabaya (Foto-foto: Humas Polrestabes Surabaya)

Surabaya - 44 pendekar silat (pesilat) yang menggelar konvoi hendak masuk Kota Surabaya diamankan Polisi.

Para pesilat yang akan menghadiri pengesahan di Gresik itu diamankan tim gabungan Polrestabes Surabaya di Bundaran Waru, depan City Of Tomorrow (Cito) pada Sabtu (22/7/2023) dini hari.

Dalam interogasi, mereka mengaku berasal dari kelompok perguruan silat luar Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengungkapkan, penyekatan di pintu masuk Surabaya sengaja dilakukan terkait kegiatan pengangkatan warga baru perguruan silat tersebut.

"Kami melakukan pengamanan dibantu Satbrimob Polda Jatim dan pengamanan dari perguruan silat. Kami jaga di seluruh perbatasan Surabaya," tegas Pasma.

Dalam pemeriksaan, ada empat pemuda yang terbukti mengonsumsi alkohol sebelum menuju Surabaya. Saat diperiksa menggunakan alat ukur kadar alkohol, salah satu pemuda diketahui menyetir dalam keadaan mabuk berat. Sehingga mereka langsung ditilang dan diamankan, agar tidak membahayakan pengendara lain.

"Kegiatan ini bersifat penindakan secara persuasif agar hal yang sama tidak diulangi lagi. Kami melakukan hal ini untuk mengedepankan pembinaan pada pemuda ini. Selain itu kami libatkan pamter untuk bersama menjaga Surabaya agar tetap aman dan kondusif," terangnya.

Sementara Pamter Surabaya, Sadam mengungkapkan, selama ini pihaknya selalu dilibatkan untuk bersama mengamankan kegiatan perguruan silat.

"Kegiatan kali ini kami bersama Polrestabes Surabaya menjaga harkamtibmas, karena ada kegiatan perguruan silat di wilayah Sidoarjo, Gresik dan Mojokerto. Kami selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan pengamanan baik acara perguruan silat maupun acara lainnya," ungkapnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait