Ikut Ciptakan SDM Siap Kerja, SIER Terima Puluhan Mahasiswa Magang Program MSIB

© mili.id

Surabaya - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) memberikan kesempatan kepada puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, untuk melakukan magang kerja di perusahaan pengelola kawasan industri berplat merah ini.

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) SIER, Fitrina Kusuma Dewi menuturkan, setiap tahun SIER selalu menerima mahasiswa magang dari berbagai perguruan tinggi dan dari berbagai disiplin ilmu. Jumlah peserta magang kali ini sebanyak 55 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"SIER sebagai perusahaan yang perhatian terhadap bonus demografi, juga merasa memiliki kewajiban untuk ikut menyiapkan SDM yang memiliki pengalaman kerja, khususnya bagi mahasiswa. SIER menerima mahasiswa magang ini sebagai jalan pengabdian SIER dalam bidang pendidikan," ujar Fitrina, saat dikonfirmasi, Kamis (31/8/2023).

Menurut Fitrina, para mahasiswa yang magang ini dari berbagai disiplin ilmu atau jurusan. Seperti manajemen, teknik keselamatan dan kesehatan kerja, akuntansi, ilmu hukum, statistika, administrasi bisnis, manajemen pemasaran, teknologi kimia industri, kimia, teknik sipil, teknik komputer, informatika dan lainnya.

Sedangkan beberapa perguruan tinggi asal mahasiswa magang diantaranya dari Universtias Airlangga (Unair), Universias Gajah Mada, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Udayana, Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Kristen Petra dan Universitas Islam Indonesia.

Para mahasiswa yang magang di SIER ini, jelas Fitrina, masuk dalam Program Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Program ini merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mempersiapkan karier yang komprehensif bagi mahasiswa Kampus Merdeka.

“PT SIER terlibat sebagai mitra yang memberikan proyek nyata bagi mahasiswa agar dapat memberikan nilai strategis bagi industri ke depannya. Selama masa program PT SIER juga menyediakan mentor dari karyawan dengan keahlian yang relevan sesuai program yang diajukan untuk membimbing mahasiswa,” jelasnya.

Sebagai pengenalan terhadap SIER, kata Fitrina, sebelumnya para mahasiswa ini juga mendapat pembekalan atau onboarding, agar tahu dan bisa beradaptasi tentang lingkungan kerja SIER. Mereka juga mendapat pengarahan dan motivasi dari Direktur Utama PT SIER, Didik Prasetiyono.

"Para mahasiswa ini akan magang selama lima bulan. Selama magang diharapkan mereka akan mendapat pengalaman praktis, dan mengembangkan keteramplan khusus atau menjalani pengamatan langsung tentang bagaimana industri beroperasi," ujar Fitrina.

Dijelaskannya, para mahasiswa selama magang akan dibimbing dan belajar banyak tentang pengembangan perusahaan. Selain itu juga belajar akan pentingnya berkomunikasi secara efektif dan bekerja sama dalam tim. Juga bagaimana melaporkan kemajuan, tantangan. dan pertanyaan kepada atasan atau mentor.

"Mahasiswa juga akan belajar tentang kedisiplinan dan ketepatan waktu. Sebab magang adalah kesempatan diri untuk membiasakan diri dengan rutinitas kerja profesional," katanya.

Sementara itu, Dirut PT SIER Didik Prasetiyono berharap para mahasiswa yang magang ini bisa memanfaatkan kesempatan ini. Sebab dia bisa langsung praktik di dunia kerja yang sebenarnya, yang terkadang jauh dari teori-teori yang ada di kampus.

"Mahasiswa yang magang saya harapkan bisa belajar keterampailan seperti berkomunikasi yang efektif, kemampuan beradaptasi, kerja tim, kepemimpinan dan pemecahan masalah sangat berharga dalam dunia kerja. Sebab dunia kerja selalu berubah. Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi, kebijakan, dan dinamika industri sangat penting untuk kelangsungan karir yang sukses," tandasnya. [*]

Editor : Redaksi



Berita Terkait