ODGJ yang Resahkan Pengunjung Alun-Alun Bakal Dirawat di RSBL Pasuruan

© mili.id

Koordinasi pihak dengan dengan Liponsos terkait pria odgj yang resahkan pengunjung alun-alun Jember. (M Hatta/Mili.id)

Jember - Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sempat meresahkan warga di alun-alun Jember bakal mendapat perawatan di RSBL Pasuruan.

Diketahui pria ODGJ itu bernama Agus Budi Laksono (38) warga Dusun Krajan, Kelurahan Banjarsengon, Kecamatan Patrang, Jember.

Menurut Kepala UPTD Liposos Dinsos Jember Roni Efendi, Agus adalah warga Jember yang beberapa hari lalu sempat viral di medsos karena keberadaannya sempat meresahkan di alun-alun Jember.

"Menanggapi komentar netizen kemarin itu, kami melakukan assessment untuk menindaklanjuti penanganan terhadap pasien ini. Jadi perlu diketahui, Agus itu sempat 3 kali kami amankan ke Liposos tapi terus kabur pulang ke rumahnya. Agus senang sekali ke alun-alun, karena senang mendengar (panggung/hiburan) musik-musik yang keras," kata Roni, Jumat (5/1/2024).

Roni menjelaskan, Agus sebelumnya diketahui dalam kondisi sehat dan normal. Namun sekitar 10 tahun lalu mengalami kecelakaan cukup parah, sehingga mengakibatkan kondisinya seperti sekarang ini.

"Klien pernah mengalami kecelakaan dan tergapit (terjepit) diantara pickup dan truk. Sejak kejadian itu kemudian mengalami kondisi gangguan jiwa seperti sekarang ini. Agus diketahui tinggal dengan ibu angkatnya, yang merawat sejak kecil. Ibu kandungnya juga masih ada, dan tinggal tidak jauh dari rumah ibu angkat," jelasnya.

"Dengan kondisi sekarang ini, kami melakukan assessment bersama dengan Lurah Banjarsengon meminta persetujuan keluarga, agar Klien  dilakukan rehabilitasi di RSBL Pasuruan. Hal itu, karena Klien sudah tidak ada lagi yang memperdulikan dan terkadang juga mengganggu lingkungan sekitar," sambungnya.

Terkait perawatan lanjutan yang nantinya akan dilakukan ke RSBL Pasuruan, lebih lanjut kata Roni, saat ini dalam proses. 

"Tapi setelah koordinasi dengan RSBL, ternyata kondisi pasien penuh. Karena pasien yg dari Licin Banyuwangi saat ini ditampung di RSBL Pasuruan semua, di Licin lagi renovasi. Sehingga klien Agus saat ini akan kami bawa ke Liposos untuk dirawat sementara. Nanti bisa merujuk di bulan Februari," pungkasnya.

Editor : Achmad S



Berita Terkait