Viral Polisi Bekuk Dua pelaku Curanmor 8 TKP di Pasuruan, Cek Lokasi Beraksinya

© mili.id

Tangkapan layar ketika tim Buser Satreskrim Polres Pasuruan membekuk terduga pelaku curanmor. (sumber foto: skrinsut postingan video di grup fb akun @RI)

Pasuruan - Aksi Tim Buser Satreskrim Polres Pasuruan yang mengejar dan membekuk dua pelaku spesialis pencurian kendaraan bermnotor (curanmor) di depan Alfamidi Jalan Ikan Paus, Kelurahan Bendomungal, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, viral di media sosial.

Aksi tim buser yang saat itu memegang pistol saat membekuk kedua pelaku pun jadi tontonan warga setempat. Masyatakat yang kaget pun sempat menyangka polisi menangkap bandar narkoba jenis sabu.

"Klarifikasi perihal kejadian di depan Alfamidi Alun-alun Bangil. Bukan giat penangkapan narkoba, tetapi diduga penangkapan pelaku ranmor," tulis akun facebook RI di grub Kabar Pasuruan (Kapas).

Kasat Reskrim Polres Pasuruan, AKP A Doni Medianto, membenarkan jika aksi polisi yang viral itu sedang membekuk dua pelaku spesialis curanmor, pada Minggu malam pukul 21.15 kemarin (14/1).

Identitas dua pelaku tersebut berinisial RH (25) dan AE (22), keduanya merupakan warga Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan.

"Kedua pelaku ini adalah adalah spesialis pencurian sepeda motor yang sudah 8 kali beraksi di Kecamatan Bangil, Beji dan Pandaan," jelas Kasat Reskrim Polres Pasuruan, AKP A Doni Medianto. Senin (15/1/2023).

Doni menerangkan jika salah satu korban yang apes motornya dicurian oleh kedua pelaku pada Sabtu (23/12/2023), sekira pukul 22.15 WIB lalu itu adalah Agam Usmawan, warga Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Saat itu, Agam yang memarkir motor Honda CRF miliknya di parkiran Alfamidi termasuk Jalan Ikan Paus Kelurahan Bendomungal, Kecamatan Bangil, kemudian masuk ke mesin ATM di dalam minimarket untuk setor tunai uang.

Usai menyetor uang, Agam pun langsung syok melihat motor miliknya yang seharga Rp 36 juta raib digondol pencuri. Ia pun sontak melaporkan kejadian itu ke Mapolres Pasuruan.

Di satu sisi, polisi yang mendapat laporan itu langsung melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti-bukti. Akhirnya, tepat saat pelaku beraksi kembali di halaman parkir Alfamidi tersebut, polisi langsung membekuk kedua pelaku. Aksi kejar-kejaran sampai ke seberang jalan pun jadi tontonan warga.

"Dari penangkapan kedua pelaku yang hendak melakukan pencurian itu, tim buser mengamankan 2 dompet yang di dalamnya tersimpan 1 gagang kunci T dan 7 buah anak kunci T," tegasnya.

Adapun 8 TKP curanmor yang sudah disatroni oleh kedua pelaku adalah

1.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Apotik Blawi, Kecamatan Bangil;

2.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Alfamidi Jln. Dr. Sotomo, Kecamatan Bangil;

3.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Alfamidi Jln. Dr. Sotomo Kecamatan Bangil sekitat bulan Juni 2023;

4.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Toko Sembako Kolursari, Kecamatan Bangil;

5.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Desa Baujeng, Kecamatan Beji, sekira bulan Desember 2023;

6.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Cafe Rewar Kutorejo, Kecamatan Pandaan, sekira bulan Juli 2023;

7.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Indomart Kutorejo, Kecamatan Pandaan sekira bulan Februari 2023;

8.) Pencurian 1 unit sepeda motor di TKP Klinik Dokter Sulton Kancilmas, Kecamatan Bangil tanggal 29 Desember 2023.

"Dalam pembagian perannya, RH berperan sebagai eksekutor menggunakan kunci T. Sementara AE berperan sebagai joki yang mengendarai sepeda motor. Mereka selalu melakukan aksi pencurian bersama, mereka juga buka residivis dan baru sekali ini tertangkap polisi," tandasnya.

Editor : Aris S



Berita Terkait