Keren! Grup Pengamen ini Bakal Wakili Polres Probolinggo ke Polda Jatim

© mili.id

Salah satu peserta festival musik jalanan Satlantas Polres Probolinggo yang akan jadi perwakilan ke Polda Jatim (Foto: Moh Ahsan Faradisi/mili.id)

Probolinggo - Grup pengamen yang biasa mangkal di Exit Tol Probolinggo Timur bakal mewakili Polres Probolinggo untuk berlomba di tingkat Polda Jatim.

Festival musik jalanan itu digelar dalam memeriahkan HUT ke-77 Bhayangkara. Di Probolinggo, lomba digelar oleh Satlantas pada Kamis (22/6/2023).

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Sapari menyebut, festival ini digelar, juga sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian polisi terhadap musisi jalanan.

Festival yang digelar di Kantor Satlantas Polres Probolinggo itu diikuti 10 musisi jalanan dengan beragam keterampilan alat musik, mulai perorangan hingga grup yang tersebar di wilayah Kabupaten Probolinggo.

"Jadi untuk kriteria festival musik jalanan ini yakni harmonisasi, musikalitas, hingga performa para peserta wajib menciptakan lagu yang liriknya berkaitan dengan tugas pokok kepolisian," jelas Sapari.

Menurut Sapari, peserta bebas membawa lagu apapun, asalkan tidak keluar dari tema lagu tugas pokok kepolisian tersebut, seperti tentang kamtibmas dan tertib lalu lintas. Untuk durasi waktu, pihaknya membatasi peserta maksimal 10 menit.

Dari 10 peserta festival musik jalanan, peserta keluar sebagai pemenang yaitu Nada Bambu Pemalang Selatan. Biasanya, grup beranggota dua cowok dan satu cewek ini ngemen di Exit Tol Probolinggo Timur.

"Jadi pemenang ini mewakili Polres Probolinggo dalam ajang yang sama di Polda Jatim dalam rangka HUT Bayangkara ke-77 di 26 Juni 2023 dan dalam hal ini Satlantas Polres Probolinggo sendiri berusaha memberi pesan tertib lalu lintas melalui pemusik jalanan ini," papar Sapari.

Sementara personel Mada Bambu Pemalang Selatan, Rahayu Hadiyansyah mengaku sama sekali tidak ada persiapan khusus mengikuti lomba yang diadakan Satlantas Polres Probolinggo itu. Sehingga dirinya tidak menyangka bisa jadi pemenang. 

"Karena tidak ada persiapan khusus, kendalanya ada di lirik lagu yang harus sesuai tema lomba. Tidak menyangka juga bakal menang dan akan mewakili Polres Probolinggo di Polda Jatim," ungkap dia.

 

Reporter: Moh Ahsan Faradisi

 

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait