Misteri Kasus Mutilasi hingga Pencabutan Status Pendemi Covid-19

© mili.id

Evakuasi potongan tubuh manusia yang ditemukan di Kenjeran Park Surabaya (Foto: Rama Indra/mili.id)

mili.id - Sederet peristiwa besar menyita perhatian publik, baik di Jawa Timur maupun Indonesia dalam dua pekan terakhir di bulan Juli 2023.

Peristiwa itu mulai dari penemuan potongan tubuh manusia korban mutilasi di Sidoarjo dan Surabaya, hingga pencabutan status Pandemi Covid-19 di Indonesia.

Berikut rangkuman redaksi:

1. Potongan Tubuh Dalam Plastik Hijau di Taman Sidoarjo Merupakan Korban Mutilasi

Potongan tubuh manusia yang ditemukan di belakang pos polisi jembatan Trosobo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, kemarin Jumat (09/06/2023) diduga korban mutilasi.

Kali pertama yang mengetahui Warsini (66), seorang pemilik warkop dekat lokasi, dirinya yang melihat kantong plastik berwarna hijau yang ternyata berisi potongan tubuh manusia. Warsini mengaku kepada polisi sempat melihat plastik tersebut pada Jumat (9/6/2023) pagi saat hendak mematikan lampu pos polisi.

2. Potongan Tubuh Manusia di Kenjeran Park Surabaya Berkaitan dengan Mutilasi Sidoarjo

Potongan tubuh manusia berupa tangan dan kaki yang ditemukan di Kenjeran Park (KenPark) Surabaya diduga berkaitan dengan mayat pria korban mutilasi di Trosobo, Taman, Sidoarjo.

Terkait kaitan tubuh manusia di KenPark dengan korban mutilasi di Sidoarjo tersebut, Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Arief Rizky Wicaksana menyebut ada kemungkinan.

"Kemungkinan ada. Ini kami koordinasi lagi. Kami sudah kontak dengan Kasatreskrim Polresta Sidoarjo. Nanti perkembangan lebih lanjut akan kami kabari," ujar Arief di lokasi, Senin (12/6/2023).

3. Ledakan di Kota Batu, Polisi Temukan 50 Kilogram Bahan Peledak

Tim Penjinak Bom (Jibom) dan Labfor Polda Jatim menemukan 50 kilogram bahan peledak untuk petasan di lokasi ledakan di Kota Batu, Kamis (22/6/2023).

Temuan itu didapat saat tim gabungan menyisir lokasi ledakan, yaitu rumah di Dusun Karangmloko, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Pemeriksa Handak Labfor Polda Jatim, AKP Cahyo Widianto belum menjelaskan detail apa saja bahan yang berhasil ditemukan. Terutama bahan pembuatan kembang api, berbagai macam serbuk kimia. 

4. Pengamat Kepolisian Ditodong Pistol Dua Orang Misterius di Kota Malang

Pengamat kepolisian, Bambang Rukminto mengaku ditodong pistol dua orang misterius di Kota Malang, Jumat (23/6/2023).

Bambang mangaku ditodong pistol oleh dua dari empat pelaku, sesaat setelah dirinya keluar dari bilik ATM di Jalan Danau Yanmur, Sawojajar, Kota Malang, sekitar pukul 14.48 WIB.

Sekitar 200 meter setelah Bambang keluar dari bilik ATM itu, dia yang naik motor tiba-tiba dipepet dua motor tak dikenal.

5. Status Pandemi Covid-19 di Indonesia Dicabut!

Status Pandemi Covid-19 di Indonesia resmi dicabut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pencabutan itu diumumkan Jokowi melalui Channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/6/2023).

"Sejak hari ini, Rabu, 21 Juni 2023, pemerintah memutuskan untuk mencabut status pandemi," ujar Jokowi seperti dilihat mili.id melalui Channel YouTube Sekretariat Presiden.

6. Ada Luka pada Mayat Pria Misterius di Tol Sumo

Terdapat luka pada beberapa bagian ditubuh mayat pria yang ditemukan tergeletak di KM 745 jalur B Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo).

Kanit 3 PJR Ditlantas Polda Jatim, AKP Imam SR mengatakan, saat dirinya berada di lokasi penemuan, mayat tersebut berlumuran darah.

"Saat dicek, memang ada luka di bagian kepala, dagu," kata Imam ketika dikonfirmasi melalui telepon, Jumat (23/6/2023).

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait