Rumah di Jombang Terbakar, Lansia Tewas Terpanggang

© mili.id

Kebakaran yang melanda rumah warga Desa Brodot (Foto: Elok Apriyanto/mili.id)

Jombang - Seorang lansia tewas terpanggang dalam kebakaran rumah di Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang, Jumat (3/11/2023) malam.

Lansia itu diketahui bernama Mahmudah (70), pemilik rumah yang mengalami sakit stroke. Api diduga berasal dari lilin yang dinyalakan saat listrik padam.

Kapolsek Bandarkedungmulyo, AKP Sulianto menyebut, kebakaran terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Ia menduga api berasal dari salah satu kamar rumah tersebut.

"Yang terbakar rumah. Api berasal dari kamar, yang diduga api berasal dari lilin. Pemadamannya baru datang setelah orangnya (korban) meninggal," ujar Sulianto.

Sulianto menjelaskan, sebelum kebakaran terjadi, listrik di wilayah tersebut. Korban yang menderita stroke tinggal di rumahnya sendirian dan hanya ditemani pembantu rumah tangga bernama Munjiah (70).

"Sekitar puku 16.00 WIB, memang listrik padam. Dan korban ini tinggal bersama penjaganya Bu Munjiah, sama-sama usia 70 tahun. Korban ini sakit stroke hanya bisa tidur di tempat tidur," ungkap dia.

Sekitar pukul 17.30 WIB, pembantu rumah tangga yang biasanya menjaga korban pulang ke rumahnya tak jauh dari lokasi, untuk menjalankan salat.

"Bu Munjiah ini sebelum pulang menjalankan salat, ia menyalakan lilin terlebih dahulu. Iya ditinggal pulang salat ke rumah," tuturnya.

Tidak berselang lama, terjadilah peristiwa kebakaran itu. Dan diduga kuat api berasal dari kamar, dan bersumber dari lilin yang ditinggalkan.

"Sekitar 10 menit terjadilah kebakaran tersebut. Yang terbakar seluruh bagian rumah, sekitar 90 persen terbakar. (Korban tewas terpanggang di dalam kamar) iya terpanggang," papar Sulianto.

Dia menjelaskan, api baru bisa dipadamkan sekitar 1 jam lebih. Sedangkan jenazah korban dibawa ke RSUD Jombang.

"Korban satu orang, jenazahnya dibawa ke RSUD Jombang untuk divisum dulu," tandasnya.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait