Asap Kebakaran Lahan di Gresik Ganggu Pengguna Jalan, Damkar Surati Camat

© mili.id

Gresik - Kepulan asap imbas kebakaran lahan semak dan alang - alang, di pinggir Jalan Raya Kedamean, Gresik, Jumat (15/9). Mengganggu pengendara dan pengguna jalan yang melintas.

Salah seorang pengguna jalan, bernama Bayu Ari Nugraha mengatakan, asap dari kebakaran itu akibatkan jarak pandang terbatas. Asapnya tebal dan menggangu.

"Kebakaran, dan asap muncul terjadi pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB, pengendara melintas memelankan kendaraannya," kata Bayu, Jumat (15/9).

Kapolsek Kedamean, AKP Dante Anan Irwanto menyebut, penyebab dari kebakaran lahan belum diketahui. Namun, pihaknya telah siaga memadamkan api.

"Api pokok sudah berhasil kita padamkan, dan asap menggangu sudah hilang. Kami bersama anggota berjibaku padamkan api," jelas Dante.

Dari situ, Dante mengimbau, agar masyarakat sedianya waspada. Jangan memicu terjadinya kebakaran.

"Kami juga mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap bahaya dari Karhutla, segera lapor jika terdapat aktivitas mencurigakan. Yang dapat memicu terjadinya kebakaran," paparnya.

Sementara, dari Kepala Dinas Damkar Gresik, A.H. Sinaga menegaskan, soal kewaspadaan warga terhadap bencana kebakaran. Katanya, Damkar mengirim surat ke semua Camat yang ada di Gresik.

"Soal aktivitas pembakaran sampah, ataupun buang putung rokok. Dari kami (damkar) telah menyurati semua Camat, soal imbauan waspada penyebab dari kebakaran," pungkas Sinaga.

Editor : Redaksi



Berita Terkait