Sakit Menahun, Pria Banyuwangi Gantung Diri

© mili.id

Kerabat korban berkumpul di rumah duka, untuk membuat pernyataan korban tidak diautopsi.(Foto: Polsek Glenmore fot Mili.id)

Banyuwangi - MH (56), warga Dusun Pengundangan, Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi ditemukan tewas gantung diri di dalam rumah. Diduga korban depresi sehingga nekat mengakhiri hidupnya.

Kali pertama yang mengetahui kejadian ini yakni Endang Ernawati (41), kerabat korban yang curiga ketika melihat rumah yang korban dalam kondisi padam.

"Minggu sekitar pukul 17.00 WIB, kerabat korban melihat lampu rumah belum menyala," ujar Kapolsek Glenmore AKP Satrio Wibowo, Senin (06/11/2023).

Curiga melihat lampu rumah tak kunjung dinyalakan jelang petang, kerabat korban mencoba mengkroscek lewat belakang rumah. Sempat memanggil korban, namun tak direspons.

Satrio menambahkan, saksi kemudian masuk ke dalam rumah korban, dan kaget melihat posisi tubuh korban dalam keadaan menggantung.

"Ketika masuk (ke dalam rumah korban), saksi melihat korban sudah dalam keadaan menggantung di penyangga atau pilar kayu mengunakan ikat pinggang," terangnya.

Melihat kondisi tergantung dan sudah tak bernyawa, lanjut Satrio, saksi bersama tetangga lain kemudian menurunkan jasad MH. Lantas melapor ke kepala dusun setempat untuk selanjutnya diteruskan kepada polisi.

Saat polisi bersama petugas medis Puskesmas Sepanjang menuju TKP, jasad korban lebih dulu telah dimakamkan pihak keluarga. Satrio menyatakan, pihak keluarga menolak dilakukan autopsi dengan membuat surat pernyataan terlampir.

"Dari pihak keluarga korban menyatakan menerima atas meninggalnya korban dan menolak untuk diautopsi (surat pernyataan terlampir)," katanya.

Diperoleh keterangan dari pihak keluarga, bahwa bahwa korban menderita penyakit stroke menahun. Sehingga membuat korban kesusahan untuk berkomunikasi.

Diduga penyakitnya ini yang mendasari niatan korban nekat mengakhiri hidup. Satrio menyebut, korban sebelumnya pernah melakukan upaya percobaan bunuh diri, namun gagal.

"Sekitar lima tahun yang lalu pernah mencoba bunuh diri," tandasnya.

Catatan redaksi:

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapapun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Editor : Aris S



Berita Terkait