Cerita Penyelamatan Wanita Melahirkan Bayi Prematur dalam Toilet di Surabaya

© mili.id

Evakuasi ibu melahirkan di toilet (Foto: BPBD Kota Surabaya)

Surabaya - Wanita asal Sampang melahirkan bayi prematur dalam toilet tempat kerjanya di Surabaya.

Wanita itu bernama Khoiridah (37), asal Kedundung, Sampang. Dia melahirkan dalam toilet tempat kerjanya di Jalan Ploso Bogen, Surabaya sekitar pukul 15.31 WIB, Kamis (21/12/2023).

Nyawa ibu dan bayi itu berhasil diselamatkan oleh Petugas PMI dan BPBD Kota Surabaya setelah menerima laporan dari Call Center 112.

Kepala BPBD Kota Surabaya, Laksita Rini menyebut bahwa ibu dan bayinya itu sudah dievakuasi ke Rumah Sakit RSU dr Soewandi.

"Pasien berteriak meminta tolong saat ditemui oleh teman kerjanya. Pasien (ibu) dalam keadaan duduk di lantai toilet serta untuk bayi sudah setengah keluar," ungkap Rini saat dikonfirmasi mili.id, Jumat (22/12/2203).

Menurut Rini, saat sampai di RSU dr Soewandi, ibu dan bayi tersebut lansung mendapat penanganan medis.

Terpisah, Direktur RSU dr Soewandi, dr. Billy Daniel Messakh mengatakan, ibu dengan status darurat medis itu dalam keadaan sehat. Sementara sang bayi prematur itu, kondisinya kritis.

"Ketika datang, bayi sudah dalam kondisi kritis dan prematur. Kehamilan ibu ini sekitar 32 sampai 33 minggu," jelas dr. Billy.

dr Billy menyatakan bahwa kondisi bayi itu kritis, terpasang ventilator dirawat intensif di ruang NICU Level 3.

"Berat badan bayi 1300 gram, kondisi kritis. Terpasang ventilator mode SIMV dg FiO2 90%, SpO2 80%, HR 153 x/mnt," jelasnya.

Sedangkan sang ibu dalam keadaan sadar dan rencananya hari ini dijadwalkan keluar rumah sakit.

"Untuk ibu bayi dirawat dr. Ella. Sore ini rencana keluar rumah sakit," pungkas dr Billy.

Editor : Narendra Bakrie



Berita Terkait